Solid Gold Berjangka – Hingga saat ini, sarapan masih dianggap sebagai jam makan yang tidak terlalu penting dibandingkan dengan makan siang dan makan malam. Banyak orang termasuk menganggap bahwa sarapan tidak terlalu memberikan manfaat yang signifikan untuk tubuh. Ditambah lagi muncul anggapan bahwa ketika pagi hari Anda masih belum merasa lapar sehingga Anda pun melewatkan sarapan.

Padahal beberapa penelitian kesehatan telah mengatakan bahwa sarapan adalah jam makan yang paling penting. Sebab sarapan mampu menyediakan Anda energi yang dibutuhkan untuk beraktivitas.

Berikut adalah bahaya kesehatan yang harus Anda ketahui ketika Anda melewatkan sarapan seperti dilansir dari indiatimes.com.

  • Setiap kali Anda melewatkan sarapan, kerja pencernaan Anda menjadi tidak menentu. Sebab pencernaan Anda sudah ditakdirkan untuk mencerna makanan dengan jadwal makan besar 3 kali sehari.
  • Makanan yang Anda konsumsi mampu memberikan bahan bakar untuk Anda beraktivitas. Namun ketika perut Anda kosong di pagi hari, maka tidak ada lagi bahan makanan untuk dicerna. Akibatnya tubuh ‘mengambil’ lemak sebagai bahan bakar. Namun dalam jangka panjang, efek dari proses ini mampu membahayakan tubuh.
  • Karena metabolisme tubuh Anda berkurang setiap kali Anda kelaparan, maka dengan sendirinya ketahanan tubuh Anda akan melemah. Oleh karena itu agar Anda selalu bersemangat, jangan lupa untuk sarapan.
  • Tanpa Anda sadari, kelaparan di pagi hari mampu mengganggu kesehatan mental Anda. Anda jadi lebih mudah marah dan emosi ketika Anda merasa lapar. Dan memulai hari dengan rasa amarah bukanlah ide yang bagus.
Itulah beberapa bahaya ketika Anda tidak sarapan. Jadi masih berpikir bahwa sarapan adalah jam makan yang tidak penting? Coba pikir lagi.