Solid Gold Berjangka – Menggigiti kuku tangan ketika sedang stres atau sambil melakukan hal lain bisa jadi salah satu kebiasaan yang dimiliki oleh seseorang. Banyak yang berpikir kebiasaan semacam ini buruk karena dianggap jorok. Namun ternyata kebiasaan menggigiti kuku tangan juga bisa berbahaya dan berakibat fatal, tak sekedar jorok.
Richard M.D, seorang ahli dalam masalah kuku di Weill Cornell Medical College dan anggota dari American Academy of Dermatology menjelaskan bahwa kebiasaan menggigiti kuku bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius, seperti dilansir oleh Men’s Health (08/07).

#1
Masalah pertama yang bisa muncul pada orang yang suka menggigit kuku adalah infeksi bakteri. Kuku Anda menjadi tempat berlindung bagi banyak kuman dan bakteri, terutama bakteri salmonella dan E.coli. Bakteri ini biasanya berdiam di antara ujung kuku dan kulit Anda. Ketika menggigit kuku, bakteri akan masuk ke mulut dan saluran pencernaan. Pada akhirnya bakteri bisa menyebabkan infeksi pada saluran pencernaan yang berujung pada diare atau sakit perut.

#2
Masalah nomor satu belum seberapa dan bisa disembuhkan dengan cepat. Namun jika Anda memiliki kebiasaan menggigiti kuku dalam waktu lama Anda juga bisa terkena infeksi yang disebut paronychia. Infeksi ini terjadi ketika terdapat luka pada ujung tangan ketika Anda menggigit kuku. Luka pada ujung tangan dan jari bagian dalam bisa membuat bakteri atau jamur masuk ke dalam. Hasilnya, jari akan mengalami pembengkakan, menjadi kemerahan, dan penumpukan cairan atau nanah di bawah kuku. Infeksi semacam ini bisa diobati dengan operasi dan dirawat dengan antibiotik serta obat antijamur. Jika infeksi disebabkan oleh bakteri, kuku juga bisa menjadi rapuh dan terasa sakit.

#3
Masalah kesehatan nomor tiga adalah Anda bisa terkena virus HPV atau virus menular seksual. Infeksi menular seksual ini adalah masalah yang paling mengancam pagi penggigit kuku. seseorang bisa jadi terkena virus ini setelah melakukan hubungan seksual dengan orang lain setelah menyentuh daerah intim. Selain menyebar pada tangan, virus ini juga bisa masuk ke mulut dan bibir sehingga bisa menyebabkan infeksi semakin menyebar ke tubuh Anda.

#4
Selain masalah-masalah di atas, kebiasaan menggigiti kuku juga bisa merusak struktur gigi Anda. Scher menjelaskan bahwa menggigiti kuku bisa mengubah posisi gigi seseorang sehingga bentuknya menjadi aneh. Selain itu, kebiasaan ini juga bisa memicu penyakit gusi dan infeksi.

Itulah beberapa masalah kesehatan yang bisa terjadi pada orang yang memiliki kebiasaan menggigiti kuku. Jika Anda memiliki kebiasaan tersebut segera hentikan sekarang juga. Kebiasaan menggigit kuku biasanya terjadi ketika seseorang cemas, karena itu cobalah untuk meredakan cemas Anda dengan cara lain selain menggigit kuku. Temui psikolog jika perlu untuk membantu Anda mengatasi cemas atau menghentikan kebiasaan menggigit kuku.