4 Poin Penting Persiapkan Tabungan Anak

SGB LAMPUNG – Salah satu aspek kehidupan terpenting bagi seorang anak adalah pendidikan. Anak yang memiliki pendidikan baik, akan cenderung siap untuk nantinya terjun di masyarakat, saat ia dewasa kelak. Tentunya, pendidikan yang diberikan jangan hanya akademik saja, tetapi pendidikan jasmani, spiritual, maupun budi pekerti.

Demi pendidikan yang baik untuk anaknya, orangtua disarankan sudah mulai mempersiapkan tabungan pendidikan anaknya sedini mungkin. Fokus utama untuk tabungan pendidikan, tentunya adalah untuk memenuhi biaya sekolah dan kuliah di masa depan. Anda bisa menggunakan kalkulator finansial untuk mendapat perkiraan biaya tersebut di masa depan.

Selain biaya, ada empat poin penting lainnya yang perlu dicek saat mempersiapkan tabungan pendidikan anak.

1. Biaya hidup sehari-hari di tempat anak mengenyam pendidikan

Di luar biaya pendidikan seperti biaya masuk sekolah dan buku pelajaran, faktor yang sering terlupakan adalah biaya hidup sang anak kelak. Misalnya, jika kamu ingin sang anak kuliah di luar negeri kelak, maka kamu perlu melakukan riset juga untuk biaya hidup di luar sana. Perhitungkan dalam rencana tabungan, agar tidak kekurangan dana kelak.

2. Perhatikan kebutuhan lain di luar pendidikan

Pendidikan anak memang merupakan investasi yang besar, namun jangan sampai hal ini membuat kamu dan pasangan lupa akan kebutuhan lain. Selain biaya hidup sehari-hari, sisihkan juga untuk kebutuhan rekreasi bersama keluarga, atau hadiah pencapaian prestasi bagi anak. Pastikan bahwa anak Anda bahagia dan tidak merasa ditekan dengan jenis pendidikan yang Anda inginkan kepadanya

3. Titik awal mulai menabung

Salah satu faktor terpenting adalah kapan kita sebaiknya mulai menabung. Meskipun saat ini Anda merupakan pasangan baru menikah yang belum dikaruniai anak, ada kemungkinan tidak perlu langsung mulai menabung untuk pendidikan anak dan sebaiknya fokus pada kebutuhan calon ibu dan balita.

Jika Anda sanggup untuk mulai menabung di jangka waktu yang lebih pendek, fokuslah pada kebutuhan finansial yang lebih mendesak tadi, atau buat dana darurat untuk cadangan.

4. Cari akal jika tabungan akan kurang

Beberapa orang cenderung mengabaikan rencana menabung, saat mereka mengetahui bahwa tidak bisa memenuhi kebutuhan tabungan pendidikan anak sejak dini. Jika kamu tidak ingin mencari alternatif pendidikan, Anda perlu berhemat dan tentunya mencari penghasilan tambahan.

Salah satu caranya adalah dengan mencoba merintis usaha sampingan di luar pekerjaan utama. Ada banyak jenis usaha yang dapat dimulai dengan modal minim. Untuk mempermudah Anda mulai merintis usaha yang modalnya minim, cobalah untuk menggunakan produk kredit tanpa agunan (KTA).

http://bisnis.news.viva.co.id/news/read/776653-4-poin-penting-persiapkan-tabungan-anak/2