Solid Gold Berjangka – Semua orang yang pernah melakukan diet dan berusaha menurunkan berat badan tentu tahu bahwa lemak di bagian perut adalah yang paling sulit dihilangkan. Terkadang meski sudah berusaha keras, namun perut masih tetap buncit dan seolah lemak di dalamnya tak berkurang sama sekali. Namun jangan putus asa dulu. Ada banyak alasan mengapa perut tetap buncit dan masih berlemak meski Anda sudah berdiet mati-matian. Berikut adalah beberapa penyebab mengapa lemak pada perut sulit hilang, seperti dilansir oleh Health Me Up (03/07)

1. Usia

Seiring bertambahnya usia, tubuh pun berubah dan tingkat hormon pertumbuhan (HGH) mulai menurun. HGH merupakan hormon yang penting untuk pembentukan otot dan metabolisme lemak. Ketika hormon ini semakin menurun, maka tubuh akan semakin sulit untuk membongkar lemak, terutama yang menumpuk pada perut. Karena itu menurunkan berat badan dan melunturkan lemak di perut bisa jadi akan semakin sulit jika Anda semakin tua.

 

2. Olahraga yang salah

Banyak orang melakukan olahraga kardio ketika berusaha menurunkan lemak. Namun sebenarnya olahraga kardio seperti berlari di treadmill tak cukup berpengaruh terhadap lingkar pinggang dan lemak di perut. Untuk menghilangkan lemak di perut, variasikan olahraga dengan melakukan kardio dan angkat beban.

 

 3. Kurang tidur

Anda mungkin tak berpikir bahwa tidur berkaitan dengan lemak di perut. Namun faktanya, tidur memang mempengaruhi fungsi tubuh dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Kurang tidur akan mempengaruhi metabolisme tubuh Anda dan menyebabkan pembakaran lemak menurun. Di samping itu, metabolisme yang menurun juga membuat Anda lebih suka ngemil yang malah akan membuat lemak menumpuk pada tubuh. Jadi, pastikan Anda memenuhi kebutuhan tidur Anda setiap hari dan jangan lupa berolahraga.

 

4. Stres

Stres juga bisa menjadi salah satu alasan mengapa Anda suit menghilangkan lemak pada perut. Stres akan memicu tubuh untuk memproduksi kortisol, yaitu hormon stres. Hormon ini akan menurunkan otot dan membuat tubuh menumpuk lemak pada bagian perut. Selain itu, hormon stres juga memperbesar sel lemak yang membuat tubuh semakin banyak menyimpan lemak. Karena itu lebih baik jaga kesehatan mental dan hindari stres jika ingin segera langsing.

 

5. Makanan yang salah

Tubuh Anda bereaksi secara berbeda terhadap makanan. Salah satu penyebab yang membuat lemak pada perut susah hilang adalah pola makan yang salah. Mengonsumsi terlalu banyak makanan olahan akan membuat Anda sulit menurunkan berat badan dan menghilangkan lemak di perut. Begitu juga dengan mengonsumsi terlalu banyak lemak. Jika ingin cepat menurunkan berat badan sebaiknya konsumsi lemak yang sehat dan hindari makanan olahan.

 

 

 

Itulah beberapa hal yang menyebabkan banyak lemak menumpuk pada perut dan sulitnya menghilangkan lemak tersebut. Hindari melakukan hal-hal di atas untuk membantu Anda membuat perut cepat langsing. Jangan lupa juga untuk selalu menerapkan gaya hidup dan pola makan yang sehat.