Bulan Ramadhan akan datang, seringkali kita mendapati suasana bulan puasa identik dengan pemandangan orang-orang yang lemas dan tidak bersemangat. Hal tersebut wajar terjadi karena pada saat puasa, tubuh perlu nutrisi yang cukup agar mampu menjalani aktivitas sehari-hari.

Berikut adalah tips makan sehat selama puasa Ramadhan seperti yang dilansir dari Huffington Post agar walaupun berpuasa namun tetap bugar

 

Menghindari junk food

Memang makanan cepat saji atau makanan olahan bisa diperoleh dengan mudah. Namun hampir tidak ada nilai gizi yang terkandung di dalamnya. Maka dari itu, jangan malas memasak makanan sendiri di rumah selama bulan Ramadhan.

 

Menghindari makanan putih

Makanan putih contohnya adalah roti, nasi, dan gula. Pengganti makanan putih yang lebih sehat bisa diperoleh dari roti gandum, brown rice, atau madu sebagai pemanis alami. Sebab beberapa makanan putih diproses dengan menggunakan komposisi yang kurang menyehatkan dan mengalami penurunan kadar nutrisi.

 

Makanan yang tidak membuat dehidrasi

Dehidrasi adalah masalah umum yang terjadi selama puasa. Jika tidak ingin mengalami hal serupa, coba konsumsi makanan yang banyak mengandung air dan menghindari minuman yang membuat dehidrasi (contohnya kopi dan soda).

 

Menghindari makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng, terlalu manis, atau terlalu pedas juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi selama puasa. Semuanya cukup sulit dicerna tubuh dan juga memicu masalah kesehatan serius. Sebagai gantinya, olah makanan dengan cara direbus atau dipanggang.

 

Membatasi karbohidrat

Kurangi porsi karbohidrat selama puasa. Sebaliknya, perbanyak serat dan protein. Tujuannya adalah untuk membuat perut kenyang lebih lama dan melancarkan pencernaan.

 

Demikian tips makan sehat selama puasa Ramadhan. Semoga bermanfaat!