Solid Gold Berjangka – Sudah bukan rahasia lagi bahwa buah dan sayur bisa memberikan banyak manfaat kesehatan untuk tubuh. Buah dan sayur bisa membantu Anda untuk menjaga kesehatan dan kebugaran, bahkan menangkal penyakit. Namun ternyata ada satu hal yang tak bisa dilakukan oleh buah dan sayur.

Sebuah penelitian mengungkap bahwa mengonsumsi buah dan sayuran tak bisa membantu seseorang untuk menurunkan berat badan. Mengonsumsi lebih banyak buah dan sayur tak bisa menurunkan lebih banyak lemak. Namun itu hanya satu hal yang tak bisa dilakukan oleh buah dan sayuran untuk Anda.

Masih ada banyak manfaat yang bisa diberikan buah dan sayu untuk tubuh. Berikut adalah beberapa hal yang bisa diberikan oleh buah dan sayur untuk Anda, sekaligus alasan mengapa Anda harus lebih banyak mengonsumsi buah dan sayuran, seperti dilansir oleh Care2 (23/07).

1. Melindungi dari alergi
Ketika mengonsumsi apel, pastikan Anda mengonsumsi dengan kulitnya. Kulit apel mengandung antioksidan yang memiliki antihistamine. Sebuah penelitian mengungkap bahwa orang yang makan lima apel seminggu sekaligus kulitnya memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik dan lebih terlindungi dari alergi.

2. Menurunkan tekanan darah
Buah-buahan seperti pisang yang kaya potasium bisa membantu Anda menurunkan tekanan darah. Beberapa buah lain yang mengandung banyak potasium dan bisa membantu Anda mengontrol tekanan darah adalah kentang, jus wortel, bit, dan lainnya.

3. Mencegah penyakit usia
Semakin tua, orang akan semakin rentan untuk terkena penyakit. Namun jangan khawatir, buah-buahan yang mengandung antioksidan flavonoid bernama anthocyanin bisa membantu Anda mencegah penyakit yang berkaitan dengan usia serta penyakit serius seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung. Anthocyanins sangat mudah ditemukan dari warna merah atau biru buah-buahan seperti berry, blueberry, strawberry, terung, atau kubis merah.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Buah-buahan yang kaya vitamin C akan membantu Anda meningkatkan kekebalan tubuh sekaligus melindungi tubuh dari penyakit jantung dan penyakit mata. Selain jeruk, ada banyak buah-buahan lain yang bisa memberikan asupan vitamin C seperti jambu, kiwi, dan lainnya.

5. Menurunkan kolesterol
Buah-buahan yang mengandung serat diet juga baik untuk menurunkan kolesterol dan menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Tak hanya itu, serat dalam buah juga membantu pergerakan sistem pencernaan, membuat Anda cepat kenyang, dan melancarkan pencernaan. Konsumsi buah seperti pear atau sayuran bayam dan labu untuk mengurangi kolesterol.

6. Menjaga kesehatan tulang dan gigi
Anda tak harus selalu minum susu untuk mendapatkan kalsium. Buah dan sayuran juga bisa menjadi sumber kalsium yang baik. Jika ingin menjaga kesehatan tulang dan gigi dengan makan sayur, coba konsumsi sayuran seperti bayam, kale, dan sayuran lobak. Sayuran tersebut mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi.

Itulah beberapa hal yang bisa diberikan buah dan sayuran untuk Anda. Meski buah dan sayur tak bisa membantu menurunkan berat badan, namun mereka masih bisa memberikan banyak manfaat untuk tubuh Anda. Jadi, jangan ragu lagi untuk menambah porsi buah dan sayuran Anda setiap hari!