Solid Gold Berjangka – Semua orang pasti pernah merasakan cemas. Dengan banyaknya aktivitas yang dilakukan, tak cukup waktu untuk beristirahat dan menenangkan pikiran, tentunya sangat mudah bagi kita untuk merasa cemas dan lelah secara mental.

Ketika gejala cemas, stres, dan depresi mulai muncul Anda harus segera menangkalnya. Menangkal kecemasan tak hanya bisa dilakukan dengan bermeditasi, namun juga dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang bisa meningkatkan mood dan menghilangkan rasa cemas yang Anda rasakan, seperti dilansir oleh Health Me Up (01/07).

1. Susu

Segelas susu yang kaya kalsium, protein, antioksidan, dan vitamin B2 serta B12 tak hanya menyehatkan, tetapi juga bisa meningkatkan mood Anda. Susu juga sering digunakan untuk mengalahkan insomnia dan membuat pikiran menjadi tenang. Di samping protein, lactium yang ada dalam susu juga bisa menurunkan tekanan darah dan memberikan ketenangan. Potasium dalam segelas susu juga membantu membuat otot lebih longgar dan tidak tegang saat stres.

2. Kacang

Kacang bukan sekedar camilan yang menyehatkan. Makan kacang juga bisa membantu mencegah rasa cemas dan stres. Kacang-kacangan seperti almond dan walnut kaya akan nutrisi yang bisa meningkatkan mood. Almond membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh ketika merasa cemas sehingga Anda akan merasa lebih tenang. Kacang ini juga diketahui bisa mengatasi depresi.

3. Pisang

Pisang mengandung tryptophan yang membantu meningkatkan mood dan membuat tubuh lebih tenang. Pisang yang kaya magnesium, vitamin B6, dan karbohidrat juga merangsang produksi serotonin yang membuat Anda merasa lebih bahagia.

4. Oatmeal

Makan oat akan merangsang produksi serotonin yang bisa membuat Anda lebih tenang. Oat juga merupakan makanan yang baik dikonsumsi saat ingin menurunkan berat badan. Oat juga membantu agar Anda merasa kenyang lebih lama dan lebih berenergi.

5. Yogurt

Yogurt mengandung asam amino penting yang meningkatkan produksi serotonin. Selain itu, yogurt juga mengandung bakteri probiotik yang menurunkan rasa cemas.

6. Cokelat

Cokelat tak hanya nikmat untuk dikonsumsi, tetapi juga bisa meningkatkan mood. Cokelat mengandung beberapa nutrisi yang bisa mencegah rasa cemas, stres, dan depresi.

 

Itulah beberapa makanan yang baik dikonsumsi saat Anda merasa cemas atau mulai merasakan gejala depresi. Makanan di atas akan memicu produksi hormon kebahagiaan ‘serotonin’ yang membantu meningkatkan mood Anda.