Solid Gold Berjangka – Teh hijau telah digunakan untuk meningkatkan kesehatan dari luar dan dalam selama berabad-abad. Teh hijau, yang terbuat dari daun teh dengan proses oksidasi minimum sehingga warna hijaunya tetap bertahan kaya akan antioksidan alami yang sangat kuat, yaitu polifenol. Polifenol ini tidak hanya menyehatkan tubuh, tetapi juga dapat membunuh sel kanker.

 

Selain itu, antioksidan dan efek anti-inflamasi serta anti-bakteri dalam teh hijau juga berkhasiat untuk perawatan kulit dan rambut. Berikut ini kami tampilkan manfaat-manfaat teh hijau untuk kecantikan yang dirangkum dari The Huffington Post dan Style Craze.

 

 

1. Mengobati jerawat

 

Teh hijau mengandung bahan anti-septik, anti-inflamasi, sekaligus anti-bakteri. Ketiganya ampuh untuk membersihkan bakteri penyebab jerawat, mencegah peradangan jerawat, sekaligus menyembuhkannya lebih cepat. Selain itu kandungan dalam teh hijau juga efektif untuk mengurangi kelebihan sebum yang dapat menutup pori-pori dan mengakibatkan jerawat.

 

 

2. Mengatasi rambut kusam

 

Teh hijau bisa merangsang pertumbuhan rambut dan melembutkan rambut, sebab teh hijau mengandung polifenol, vitamin E dan vitamin C, yang bisa menjadikan rambut berkilau. Anda dapat menggunakan air seduhan teh hijau untuk bilasan terakhir setelah keramas.

 

 

3. Mengatasi kerontokan rambut

 

Senyawa dalam teh hijau dapat menghambat pertumbuhan DHT (Dihydrotestosterone), hormon yang berperan besar dalam menyebabkan rambut rontok. Komponen dalam teh hijau menyeimbangkan jumlah testosteron dalam darah agar tidak bereaksi dengan 5 – alpha reductase dan berubah menjadi DHT. Hal ini juga membantu dalam mencegah masalah rambut yang umum seperti ketombe.

 

 

4. Mendinginkan kulit yang terbakar matahari

 

Kompres dingin terbuat dari kantong teh bekas pakai akan menghilangkan rasa sakit dan kemerahan pada kulit yang terpapar sinar matahari. Anti-inflamasi dalam teh hijau akan bekerja untuk mendinginkan sekaligus mencegah kerusakan kulit akibat pengaruh buruk sinar matahari.

 

 

5. Mengurangi mata bengkak dan kantung mata

 

Kalau yang satu ini Anda mungkin sudah sering mendengarnya. Teh hijau dengan kandungan kafein di dalamnya dapat membantu mengecilkan pembuluh darah di bawah kulit dan menghilangkan lingkaran gelap di sekitar mata. Anda cukup menempelkan sekantong teh celup di area kantung mata secara rutin.

 

 

6. Tabir surya alami

 

Selain mengatasi kulit yang terbakar matahari teh hijau bertindak sebagai tabir surya alami yang melindungi kulit dari paparan sinar UV. Ini akan mencegah radikal bebas menyerang sel-sel kulit. Karena itu juga berfungsi sebagai bahan anti-penuaan. Karena itu jangan ragu untuk mengonsumsi teh hijau secara teratur. Anda juga bisa membuat teh hijau tabir surya di rumah dengan merebus dua cangkir air dengan setengah cangkir daun teh hijau selama 5-10 menit dengan api sedang. Gunakan seduhan ini untuk membilas wajah.

 

 

7. Menyegarkan napas

 

Teh hijau memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan bakteri dan virus yang menyebabkan sakit gigi dan napas tak sedap. Tiru kebiasaan orang-orang tua di Jepang yang sering berkumur dengan teh. Yang perlu Anda lakukan adalah mencuci mulut dengan larutan teh hijau (1 kantong teh dalam 1 cangkir air). Berkumur dengan teh seperti ini juga akan membantu mengatasi peradangan dalam gusi atau sariawan dan mencegah pertumbuhan plak pada gigi Anda.

 

8. Menguatkan kuku

 

Tak hanya bawang putih dan garam, teh hijau juga ampuh untuk memperkuat kuku Anda. Teh hijau mengandung nutrisi yang dapat membuat kuku Anda kuat dan sehat, serta dapat menghilangkan warna kuku yang kusam. Untuk menghilangkan kekuningan pada kuku, rendam kuku dalam larutan teh hijau kental sekali seminggu.

 

 

Itulah 8 delapan manfaat teh hijau untuk kecantikan Anda. Selamat mencoba.