Solid Gold Berjangka – Selama bertahun-tahun Amerika Serikat mengembangkan teknologi koneksi wireless atau nirkabel dengan kecepatan yang semakin lama kian bertambah. Kini negara itu membuat terobosan baru dengan melakukan percobaan pada kota di wilayahnya.

Seperti yang dilansir oleh The Verge (14/07), dua badan pemerintah yakni FCC dan NTIA yang mengurusi hal-hal terkait komunikasi di Negeri Paman Sam mengajukan permohonan untuk memilih satu atau beberapa kota untuk dijadikan kota model pertama yang mengaplikasikan teknologi wireless lewat metode ‘berbagi spektrum’.
Nantinya, pemerintah akan meyakinkan organisasi resmi seperti militer AS dan TV lokal untuk memancarkan gelombang pada frekuensi tertentu, misalnya koneksi Wi-Fi.
Untuk percobaan ini, diharapkan lebih dari satu kota bisa mengajukan diri untuk berpartisipasi. Kedua badan itu mengungkapkan ingin lebih jauh mengetahui kecepatan maksimal koneksi Wi-Fi berkecepatan tinggi agar bisa membuat peraturan yang jelas terkait teknologi tersebut. Mereka pun beranggapan hal ini penting untuk mengetahui kemampuan dari teknologi itu sendiri serta sistem yang digunakan nantinya.
Sayangnya sampai saat ini, pemerintah belum mendapat rancangan pasti terkait metode pengaplikasian kota Wi-Fi ini, terutama menentukan siapa yang akan mendapat kekuasaan untuk mengatur koneksi nirkabel super di kota-kota tersebut.