Setelah mempelajari tiga analisis sebelumnya, pasti pertanyaan yang muncul di benak kita saat ini adalah “analisis mana yang terbaik?”

Setiap analisis memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi…ingat satu pelajaran penting tentang ketiga analisis: tidak ada analisis yang terbaik dan terburuk di antara ketiganya. Mereka hanya melihat market dari sisi yang berbeda

Jadi, pilih analisis yang paling nyaman dan menguntungkan bagi kita. Lebih sempurna bila kita bisa menggunakan ketiga. Sebab, faktor-faktor fundamental mempermudah kita melihat seperti apa sentimen market. Sedangkan Analisis Teknikal menolong kita melihat sentimen pasar dan memilih framework yang tepat untuk trading kita.

Nah, mari kita mengingat kembali inti dari tiga analisis yang sebelumnya telah kita pelajari:

  1. Analisis Teknikal: mempelajari pergerakan harga dari grafik.
  2. Analisis Fundamental: mengamati bagaimana perkembangan situasi ekonomi sebuah negara
  3. Analisis Sentimen Pasar: menentukan trend pasar, apakah bullish atau bearsih, berdasarkan prospek saat ini atau yang akan datang.

Sebenarnya ketiga analisis tersebut dapat kita manfaatkan bersamaan agar dapat menemukan ide trading yang brilian. Faktor fundamental akan membentuk sentimen pasar, sedangkan analisis teknikal membantu kita untuk memvisualisasikan sentimen tersebut dan menggunakannya untuk membentik framework trading kita.

Masih ingat dengan bangku tiga kaki yang kita pelajari sebelumnya. Selalu ingat, bahwa dengan ketika kaki tersebut kita dapat duduk dengan nyaman. Tetapi ambil saja satu, kita akan segera jatuh.

“Lalu bagaimana caranya memanfaatkan ketiga analisis tersebut ke dalam trading kita?”

Misalnya nih, kita sedang duduk di depan komputer dan menunggu pergerakan dari pair yang kita gunakan untuk trading, katakanlah EUR/USD. Suatu ketika kita melihat kesempatan trading. Segeralah kita menjual EUR/USD. Tapi, belum sampai jari kita meraih mouse, mendadak terjadi perubahan. Tiba-tiba saja 100 pip bergerak ke arah berlawanan. Tanpa kita tahu salah satu bank besar di Eropa gulung tikar. Kini sentimen semua orang tertuju pada pasar Eropa dan semua orang berbondong-bondong trading di arah berlawanan.

Pada studi kasus semacam di atas, kita bisa memanfaatkan ketiga jenis analisis. Jangan bergantung pada satu analisis saja. Kita harus menyeimbangkan penggunaan mereka. Dengan demikian, kita bisa meraup banyak keuntungan dari trading Forex.

baca juga artikel ini :

Jenis Jenis Analisis
Analisis Teknikal 
Analisis Fundamental 
Analisis Sentimen Pasar

baca Disclaimer