PT.SolidGoldSemarang~ Jakarta, Ekonomi di wilayah Eropa belum sepenuhnya pulih dari krisis keuangan yang memuncak pada 2010. Salah satu negara di Eropa, Prancis, mencatat angka pengangguran tertinggi sepanjang sejarah.

Mengutip kantor berita BBC, Minggu (28/12/2014), angka pengangguran di Prancis mencapai 3,49 juta jiwa pada November 2014. Bertambah 27.400 jiwa dibandingkan sebulan sebelumnya. Ini merupakan angka tertinggi sepanjang sejarah Negeri Anggur.

Angka pengangguran November 2014 naik 5,8% dibandingkan periode yang sama setahun sebelumnya. Tingginya angka pengangguran tidak lepas dari ekonomi Prancis yang tahun ini diperkirakan hanya tumbuh 0,4%.

Menurut catatan badan PBB, International Labour Organization (ILO), angka pengangguran di Prancis mencapai 9,9%. Artinya, nyaris 1 dari 10 orang Prancis yang berada di usia produktif masih menganggur.

Presiden Francois Hollande, yang terpilih pada 2012, telah menjanjikan berbagai program untuk menciptakan lapangan kerja. Baru-baru ini dia berjanji tidak akan maju dalam pemilu 2017 jika gagal memenuhi janjinya.

Menteri Perekonomian Emmanuel Macron sudah menerapkan berbagai cara untuk memenuhi janji Hollande. Misalnya dengan menambah jumlah perusahaan yang boleh beroperasi pada hari Minggu, dan mempermudah persyaratan bagi pekerja di sektor-sektor tertentu. Namun sejumlah pihak menyangsikan efektivitas kebijakan ini.

Meningkatnya pengangguran di Prancis mulai menyulut sejumlah aksi protes. Partai Sosialis, partai Hollande, pun tengah menghadapi tekanan dari pihak oposisi.

(hds/hds)  
sumber detik.com
baca Disclaimer