Apple Cetak Rekor Perusahaan Bernilai Rp 8.521 TriliunCEO Apple Tim Cook membawa Apple menjadi perusahaan bernilai US$ 700 miliar (Getty Images/Justin Sullivan)
PT.SolidGoldSemarang — Apple menjadi perusahaan pertama di dunia yang memiliki nilai pasar US$ 700 miliar atau sekitar Rp 8.521 triliun pada Selasa pagi (25/11) waktu Amerika Serikat.

Saham Apple naik menjadi US$ 119,59 dalam perdagangan Selasa pagi dan terus bergerak ke US$ 119,75 mendorong nilai perusahaan melampaui US$ 701 miliar.

Saham perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs ini tumbuh 60 persen pada tahun ini, menyusul keberhasilan ponsel pintar iPhone 6 dan iPhone 6 Plus di pasar global.

CEO Apple Tim Cook, memang memasang target agar Apple mencapai prestasi besar pada tahun ini. “Pada titik ini kami menjual segalanya yang telah kami buat,” katanya seperti dikutip dari The Guardian.

Apple sebelumnya bersaing dengan Exxon Mobil untuk menjadi perusahaan paling bernilai. Pada Agustus 2011, Apple berhasil menyalip Exxon, namun jatuh kembali setelah ada kekhawatiran terkait produk masa depan Apple yang mungkin tak lagi mempertahankan kejayaan.

Apple kembali menjadi perusahaan paling bernilai pada Agustus 2013 setelah Exxon menderita penurunan harga minyak dunia dan penurunan pendapatan.

Apple kini makin dekat untuk menjadi perusahaan yang bernilai US$ 1 triliun dan jauh meninggalkan Exxon Mobil yang bernilai sekitar US$ 405 miliar, Microsoft US$ 392 dan Google US$ 368 miliar.
(adt)

sumberĀ  CNN Indonesia