PT.SolidGoldSemarang~Terjunnya Aussie dolar ke level terendah dalam enam tahun mungkin bukan berita baik bagi Reserve Bank.

Sementara bank sentral Australia menghabiskan banyak waktu di tahun ini untuk menyerukan pelemahan mata uang yang akan membantu menghidupkan kembali ekonomi lokal, langkah China untuk mendevaluasi yuan memicu penurunan terbaru menegaskan bahaya yang ditimbulkan oleh perlambatan mitra dagang terbesar negara Pasifik Selatan ini . Hal ini juga memicu risiko tindakan beggar-thy-neighbor di negara-negara lain dan menempatkan rem pada normalisasi kebijakan moneter AS.

Perubahan mengejutkan China untuk rezim mata uangnya pada Selasa membuat riak di pasar global seiring investor berspekulasi bahwa langkah itu dilkakukan untuk memerangi perlambatan ekonomi yang terdalam sejak tahun 1990 di negara dengan penduduk terpadat di dunia ini. Dolar Australia turun 10 persen tahun ini menjadi 73,68 sen AS pada pukul 10:30 pagi waktu Sydney hari ini, setelah menyentuh 72,16 sen kemarin, level yang tak terlihat sejak April 2009.(sdm)

Sumber: Bloomberg
baca Disclaimer