aud_nzdSolidgold-Dolar Australia melorot di sesi Asia Rabu (17/09) pagi ini menyusul survei prospek pertumbuhan yang mengecewakan. Keputusan kebijakan moneter Federal Reserve AS pun masih membayangi gerak pasar. Indeks Westapac-MI Australia pun mengalami penurunan sebanyak 0.09 poin ke angka 98.05, masih di bawah tren sejak bulan Februari.

Menurut Kepala Ekonom Westpac, Bill Evans, secara umum harga komiditas telah secara intensif menyeret tingkat pertumbuhan. Lambatnya persetujuan hunian menyebabkan terjadinya reversal dalam indeks-indeks sejenis. Namun pasar tenaga kerja, lanjut Evans, telah mengurangi kegugupannya.

Setali tiga uang dengan Aussie, Dolar New Zealand pun jatuh meskipun defisit neraca berjalan New Zealand menyusut dari 2.7% menjadi 2.5% dari GDP untuk semester pertama 2014. Akan tetapi, untuk hitungan kuartalan, defisit neraca perdagangan New Zealand melebar dari NZ$1.71 miliar menjadi NZ$2.0 miliar. Fokus terhadap The Fed mengalihkan perhatian para investor.

NZD/USD diperdagangkan pada 0.8176 atau menurun 0.28%. Sedangkan AUD/USD diperdagangkan pada 0.9072 atau menurun 0.25%.

Malam tadi, Dolar AS sempat melemah terhadap mata uang-mata uang mayor lainnya akibat para investor yang mengurangi pertaruhan mereka terhadap hawkish-nya pernyataan kebijakan The Fed besok. Selain itu, malam tadi angka inflasi produsen AS, tidak termasuk makanan, energi, dan perdagangan, dilaporkan mengalami kenaikan sebanyak 0.1% pada bulan Agustus.

baca Disclaimer