SOLID GOLD BERJANGKA–Australia mencatat defisit perdagangan yang disesuaikan secara musiman sebesar $ 2,3 miliar pada bulan September, dibandingkan dengan perkiraan para analis sebesar $ 1.8 miliar kurang, Biro Statistik Australia mengatakan pada hari Selasa.

Memburuknya neraca perdagangan didorong oleh lonjakan 6% pada sektor impor, terutama bahan bakar dan pelumas, yang naik sebesar 31%. Impor barang modal dan konsumsi masing-masing naik sebesar 3%. Ekspor meningkat sebesar 1% pada September dari bulan sebelumnya.

Harga komoditas utama seperti bijih besi dan batubara jatuh hingga bulan September, menempatkan tekanan pada penerimaan ekspor. Dolar Australia juga mengalmi penurunan tajam, membantu mengimbangi penurunan eksportir dari penurunan harga komoditas.

Sementara Aussie, seperti yang diketahui, turun sekitar 7% hingga September. Para ekonom memperkirakan penurunan lebih lanjut dikarenakan harga komoditas utama tetap lemah, dan ekonomi dari China, mitra dagang terbesar Australia, sedang mengalami perlambatan.(yds)

Sumber: MarketWatch

baca Disclaimer