SOLID GOLD BERJANGKA – Banyak orang gagal dalam bisnis bukan hanya karena mereka tidak memiliki keahlian atau latar belakang pendidikan yang diperlukan untuk berbisnis, namun lebih karena mereka sudah mengembangkan karakter diri yang sifatnya negatif dalam dunia bisnis atau mengharuskan adanya motivasi bisnis dalam diri sendiri. Karakter negatif ini bisa dibentuk dari bermacam hal; bisa jadi karena terlalu banyak berkumpul dengan orang yang memiliki karakter negatif pula, atau terbiasa memiliki pola pikir yang pesimis, atau bahkan ragu-ragu dalam menetapkan target bisnis.

Pembentukan karakter positif sebenarnya tak kalah penting dalam mengembangkan bisnis atau meraih kesuksesan jenis apapun. Anda tahu bahwa orang-orang sukses di dunia bisnis, hiburan atau bidang apapun seperti Henry Ford, Walt Disney dan Frank Sinatra tidak memulai karir mereka dengan jalan yang mulus. Sinatra yang terkenal sebagai penyanyi bahkan tak mampu membaca notasi musik. Tetapi, mereka memiliki karakter positif yang membedakan mereka dengan sesama ‘orang gagal.’

 

7 Karakter Positif untuk Kesuksesan

Lalu, apa saja karakter positif yang harus dikembangkan itu? Ahli motivasi bisnis dan pemasaran Geoffrey James membeberkan 7 jenis proses pembentukan karaketr positif dalam meraih kesuksesan, baik dalam bidang bisnis maupun bidang lainnya.

  • Pilih teman atau rekan yang auranya positif. Hindari bergaul dengan orang-orang yang hanya menguarkan aura negatif seperti memiliki kebiasaan mencela, selalu sinis dan tidak menghargai usaha orang lain. Anda akan tertular aura negatif mereka jika berlama-lama dekat dengan orang semacam itu. Kalaupun terpaksa harus berinteraksi dengan mereka, berinteraksilah dengan sopan namun menjaga jarak.
  • Banyak-banyaklah bergaul dengan orang-orang yang bukan hanya rajin memberikan motivasi bisnis, namun juga tahu bagaimana memanfaatkan motivasi bisnis sehingga mereka bisa sukses. Baik itu sesama pebisnis, sahabat baik yang tak takut bicara jujur dengan Anda, anggota keluarga dan teman yang pengertian bahkan karyawan andalan di perusahaan Anda, bergaullah dengan mereka yang menguarkan aura positif ini.
  • Selalu tetapkan target dengan penekanan yang kuat. Misalnya, tetapkan target dengan menggunakan kata “akan” ketimbang “coba.” Hal ini sedikit banyak akan memberikan tekad yang lebih kuat dalam mental Anda, dan Anda bisa menularkannya pada anggota tim kerja.
  • Pastikan agar Anda selalu berpikir positif. Hindari selalu melihat faktor negatif dalam setiap hal bahkan kegagalan atau rencana yang tak berhasil dilakukan. Anggaplah setiap hal buruk yang terjadi pada Anda sebagai sarana untuk belajar agar tidak melakukan hal yang sama di kemudian hari. Sama seperti Thomas Edison yang melakukan 1000 percobaan untuk menemukan filament bola lampu, dimana kemudian ia berkata “paling tidak kita tahu yang 900 lebih tidak berguna).
  • Jangan pernah ragu untuk menetapkan target kesuksesan yang tinggi. Semakin tinggi target kita, semakin keras kita akan berusaha meraihnya. Plus, memiliki target yang tinggi juga akan memberikan semangat dalam berjuang walau kelihatannya kita selalu gagal atau menemui hambatan. Jadikan target tinggi sebagai motivasi bisnis utama saat kita merasa gagal.
  • Biasakan untuk berpikir sebelum berbicara dan bertindak. Omongan dan tindakan yang langsung tercetus tanpa dipikirkan dengan matang bisa menuntun pada rentetan penyesalan di kemudian hari.

Jangan biarkan karakter negatif berkembang dan memengaruhi Anda serta tingkat kesuksesan Anda baik dalam bisnis maupun hidup. Pastikan Anda memanfaatkan semua motivasi bisnis ini untuk mengembangkan karakter positif dan selalu menang dalam berbagai hal yang ditawarkan hidup ini.