Ada yang bertanya : Dari apa saja kita bisa belajar tentang kehidupan ?

Banyak sekali dari sudut-sudut kehidupan ini yang bisa kita ambil pelajaran dan hikmahnya, diantaranya seperti  :

1. “Lilin”

Jangan remehkan lilin, benda ini mengajarkan kita untuk tidak pernah mengeluh dan tetap tegar dan bertahan sampai titik kemampuan diri untuk bertahan itu benar-benar habis,“karena lilin tidak pernah mengeluh dalam kondisi segelap apapun”.

2. “Kupu-kupu”

Coba perhatikan betapa indahnya kupu-kupu, Anda bisa lihat begitu cantiknya corak warna sayapnya sampai-sampai kita terkagum-kagum terlebih lagi saat kupu-kupu itu hinggap di pucuk bunga, dan pertanyaannya adalah apakah kupu-kupu itu tahu kalau dia memiliki sayap yang begitu indah ? kami yakin jawaban Anda pasti sama dengan jawaban semua orang, yaitu “kupu-kupu tidak tahu” hikmah yang bisa kita ambil dari ciptaan Tuhan yang satu ini adalah “Jangan pernah menilai atau mengukur seberapa pintar dan seberapa tinggi ilmu yang Anda miliki, tapi biarlah orang yang menilai seberapa baik dan seberapa hebatnya diri kita” karena jika kita selalu melihat kelebihan diri kita sendiri, maka yang dikhawatirkan kita akan berlaku sombong. Jadi lakukanlah yang terbaik apapun yang Anda pikirkan dan Anda rencanakan, biarkan orang lain yang melihat dan menilai kinerja Anda.

3. “Semut”

Bagaimana dengan semut ? sudah pada kenal bukan ? pelajaran sikap saling tolong menolong dan keramahtamahan ada pada diri semut, coba perhatikan saat ada seekor semut yang pindah rumah, maka spontan semut-semut yang lain menolong dengan sukarela. Sekalipun ia tidak mengenal siapa yang sedang ia tolong itu, keramahtamahan semut bisa kita saksikan disetiap seekor semut itu bertemu dengan temannya dimana mereka selalu bersalaman “cipika-cipiki”. Itu semut! belajarlah dari ciptaan Tuhan yang unik ini.

4.”Bebek”

Tentu pada umumnya Anda semua sudah pada tahu kalau bebek itu adalah salah satu tipe hewan yang disiplin dan pekerja keras. Kedisiplinan bebek bisa kita lihat bagaimana bebek itu antri dalam berjalan atau masuk ke dalam rumah, bebek juga sangat disiplin jika telah tiba waktunya mandi dan mencari makan, dan sikap kerja keras bebek bisa kita perhatikan saat bebek dengan begitu giatnya mencari makanan sekalipun itu didalam lumpur hingga seluruh badannya kotor dan becek tetapi yang uniknya, bebek tetap menjaga kharismanya saat ia berenang diatas air dan tidak sedikitpun ia menunjukkan kelelahannya. Intinya sahabat, bebek tetap anggun diatas air dan sibuk mencari makan dibawah air.

5. “Cacing”

Kedengarannya sederhana sekali, tapi ada hikmah besar yang bisa kita ambil dari kehidupan cacing dan mengapa cacing itu dihadirkan Tuhan diatas dunia ini. Pelajarannya adalah alasan kenapa kita diciptakan dan hadir di dunia ini, apakah Anda tahu kenapa cacing hadir didunia ini ? Karena cacing ditugaskan untuk menggemburkan tanah agar udara masuk ke dalam tanah dan tanah memiliki oksigen yang cukup untuk menambah kesuburan tanah. Nah, kita sebagai makhluk yang jauh lebih hebat dari cacing tentu punya alasan yang kuat kenapa kita hadir didunia hari ini. Kenapa terkadang kita masih mengatakan kalau kita tidak ada gunanya hidup didunia ini. Ingat, kita diciptakan untuk menyelesaikan misi yang besar. Yaitu misi pembuktian cita-cita menjadi realita.