SOLID GOLD BERJANGKA – Perkembangan jaman membuat bahkan jenis investasi paling umum sekalipun memiliki beragam variasi, termasuk investasi emas. Investasi berupa cicilan pembiayaan emas kini mulai ditawarkan oleh bank-bank nasional utamanya bank syariah, namun Perum Pegadaian masih tetap menjadi tempat favorit untuk melakukan investasi dengan metode cicilan pembiayaan emas. Hal ini mungkin karena fakta bahwa masyarakat di berbagai penjuru akan lebih mudah menemukan kantor pegadaian daripada cabang bank yang menawarkan investasi ini.

Investasi emas dengan cicilan pembiayaan merupakan metode agar masyarakat yang hanya memiliki jumlah biasa investasi terbatas dapat melakukan investasi emas juga, dengan jumlah yang cukup memuaskan. Memang jika untuk di pegadaian yang terbaik adalah mengambil cicilan jangka pendek saja, namun program ini tetap sangat membantu bagi masyarakat yang ingin memiliki emas sebagai bentuk investasi, namun tak memiliki banyak uang untuk membelinya.

Dengan membeli emas secara mencicil di Perum Pegadaian, masyarakat bukan hanya bisa membeli emas secara aman dan nyaman, namun juga terhindar dari kemungkinan investasi bodong akibat spekulasi berlebihan karena instansi ini berada di bawah pengawasan pemerintah. Investasi emas pun tak perlu menunggu sampai mendapat uang banyak karena toh bisa dicicil dengan perjanjian.

 

Bagaimana Cara Mencicil Emas di Pegadaian?

Perum Pegadaian kini memberi pilihan untuk melakukan investasi cicilan emas, sehingga Anda bisa langsung melihat pilihan Anda di kantor pegadaian dan mendapat penjelasan lengkap. Biasanya, jenis emas yang dipasarkan untuk cicilan emas berkisar mulai dari 5 gram, 10 gram, 50 gram, sampai 100 gram dan bahkan 1 kilogram. Pilihan terserah pada kebutuhan investor, walau ada baiknya untuk selalu mengecek harga emas terakhir sebelum menentukan pilihan, karena akan berdampak pada jumlah cicilan yang harus dibayar.

Selain itu, mengetahui harga emas paling anyar juga akan membantu Anda menyiapkan uang muka, yang merupakan salah satu persyaratan yang harus dibayar lebih dulu saat pendaftaran untuk investasi emas berupa cicil emas pegadaian. Biasanya, untuk cicil emas, uang mukanya sebesar antara 20 persen hingga 30 persen. Sebaiknya siapkan dulu paling tidak uang 30 persen dari harga emas sesuai jumlah incaran Anda, plus sedikit lebih untuk biaya administrasinya. Sudah menyiapkan uangnya? Sudah menentukan jenis emasnya? Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan untuk memulai investasi cicil emas pegadaian:

–  Bawalah dokumen yang wajib dipersiapkan sebagai dokumen pendaftaran, yaitu fotokopi KTP dan Kartu Keluarga. Pastikan semuanya masih berlaku.

–  Setelah menentukan berat emas yang akan dibeli, isilah formulir pendaftaran nasabah cicil emas di pegadaian secara lengkap dan bayar uang muka cicilan sesuai dengan ketentuan pegadaian.

–  Jika Anda membeli emas dengan cara dicicil, ada baiknya memilih periode waktu yang singkat saja, agar nanti tidak rugi karena harga emas juga makin lama makin naik.

–  Cicilan harus dibayar dulu semuanya baru Anda akan menerima emasnya. Sambil menunggu saat cicilan selesai dilunasi, Anda akan mendapat sertifikat. Jaga sertifikat tersebut dan bawalah kelak saat Anda akan menebus emas sesuai dengan perjanjian.

–  Anda membeli tunai? Maka emasnya akan dikirimkan dalam jangka waktu 7 hingga 14 hari setelah Anda mendaftar.

Hati-hatilah untuk tidak terlambat saat membayar cicilan, karena Anda akan dikenakan denda keterlambatan. Lebih dari itu, investasi emas model mencicil ini sama sekali tak menjebak, karena Anda hanya membeli emas seperti biasa, namun bedanya caranya adalah dengan dicicil di pegadaian.