Solid Gold Berjangka- Perkembangan dunia pendidikan di Indonesia semakin membuat banyak orang dan institusi terbuka untuk segala jenis metode pendidikan yang lebih kreatif, terutama untuk anak usia dini. Bisnis perlengkapan pendidikan pun menjadi semakin laris dan bisa dijadikan usaha potensial. Salah satu jenis bisnis bidang pendidikan yang mulai mendapat perhatian saat ini adalah bisnis boneka edukasi. Jika Anda berminat berbisnis di bidang peralatan pendidikan, berikut beberapa tips bisnis yang bisa dilakukan untuk memulai dan mengelola bisnis mulia ini.

Mengenal Produk Boneka Edukasi

Apa itu boneka edukasi? Sesuai namanya, boneka ini adalah boneka yang memiliki fungsi sebagai alat pengajaran terutama bagi anak-anak usia dini. Boneka edukasi umumnya dijadikan sebagai properti untuk mendongeng atau properti untuk mengajarkan pelajaran dasal budi pekerti, ilmu sosial dan budaya untuk anak-anak dengan bantuan visual. Tips bisnis boneka edukasi pertama yang perlu anda perhatikan adalah mengenali jenisnya. Bentuk boneka edukasi bisa bermacam-macam; ada yang berbentuk bermacam hewan, ada yang berbentuk tokoh pewayangan, dan ada juga yang berbentuk tokoh-tokoh yang mengenakan pakaian adat berbagai propinsi di Indonesia.

Malah, ada pula boneka edukasi yang lebih khusus; misalnya boneka yang bentuknya seperti hewan langka di Indonesia seperti komodo, anoa, orangutan dan badak. Ada pula boneka yang ditujukan untuk kepentingan pendidikan sosial serta dongeng yang menanamkan budi pekerti sehari-hari, misalnya boneka dengan pakaian yang menggambarkan suatu profesi seperti boneka polisi dan tentara Indonesia, boneka dokter, perawat, pemadam kebakaran, petani, anak sekolah, pilot dan sebagainya.

Umumnya boneka edukasi sederhana; tidak begitu rumit desainnya, tetapi harus memberikan petunjuk visual yang cukup jelas untuk para pengguna serta anak-anak agar jelas peran yang di’mainkan’ oleh boneka tersebut. Misalnya, boneka polisi, murid sekolah dan tentara sebaiknya mengenakan warna seragam yang berlaku di Indonesia. Atau, boneka hewan langka sebaiknya memiliki ciri yang mirip dengan hewan sebenarnya.

Sasaran Pemasaran

Tips bisnis boneka edukasi adalah mengetahui dengan tepat kepada siapa Anda harus memasarkan boneka ini. Target pemasaran boneka edukasi saat ini adalah para orang tua, sekolah pendidikan anak usia dini, TK dan sekolah dasar, komunitas pendongeng, para guru serta pemilik lembaga pendidikan non formal untuk anak-anak. Pasar boneka ini sebenarnya cukup luas, namun cara pemasarannya sebaiknya dibuat agak lebih spesifik sehingga mudah dicari oleh yang berminat.

Metode Pemasaran Boneka Edukasi

Karena merupakan bisnis yang pelanggannya termasuk spesifik, boneka edukasi sebaiknya dipasarkan dengan cara yang lebih spesifik pula. Sebaiknya Anda pun tidak melulu memasarkan boneka tersebut lewat internet; akan lebih bagus jika Anda bisa memasarkannya langsung. Misalnya, Anda bisa memasarkan boneka ini dengan memberikan brosur atau membawa contoh produk ke berbagai sekolah dan lembaga pendidikan anak yang mungkin bisa menggunakan boneka semacam ini. Anda juga bisa memasarkan boneka ini ke berbagai forum yang membahas tentang pendidikan anak-anak, baik itu di forum khusus atau halaman di sosial media. Jadi, tips bisnis yang sangat penting di segi pemasaran adalah mengenali saluran distribusi yang bisa anda manfaatkan.

Pertimbangkan pula untuk membuat lapak sendiri, misalnya lapak online dengan rumah Anda sebagai basisnya agar Anda lebih punya kredibilitas saat menjual barang secara online. Boneka edukasi adalah barang yang saat ini sedang sangat laris, namun banyak orang masih kesulitan menemukannya karena tak semua toko mainan atau buku menjual boneka semacam ini. Memasarkan boneka edukasi adalah bagian dari bisnis yang sangat potensial, namun tanpa metode pemasaran yang baik dan menjangkau target pemasaran dengan sempurna, maka tips bisnis apapun tak ada gunanya. -Solid Gold Berjangka.