SOLID GOLD BERJANGKA – Kafe dulu merupakan tempat yang dianggap mewah, namun duduk-duduk di kafe sambil bersosialisasi kini sudah menjadi tren yang merambah banyak penduduk perkotaan dari berbagai tingkat usia dan latar belakang. Bisnis kafe pun semakin menjamur sehingga menimbulkan persaingan yang makin ketat. Jika kafe Anda tak menonjol, tidak memiliki suasana nyaman atau tidak didirikan di lokasi tepat, maka bisnis kafe tak akan maju. Berikut adalah beberapa tips bisnis untuk menjalankan usaha kafe yang laris dan mampu menghadapi persaingan.

Penentuan Lokasi yang Strategis

Lokasi memang penting bagi semua jenis bisnis, tetapi kafe agak berbeda. Tempat ini bukan benar-benar tempat yang akan didatangi orang untuk sekedar makan dan minum; orang mengunjungi kafe karena ingin bersantai dan bersosialisasi, seperti berkumpul dengan teman-teman setelah pulang kerja atau di akhir pekan. Lokasi yang strategis bagi sebuah kafe berarti harus mudah dijangkau serta berada di lokasi dimana kemungkinan pelanggan terbesar kafe akan berkumpul atau datang.

Itulah sebabnya, tips bisnis bernuansa kuliner selalu menekankan lokasi, lokasi, dan lokasi. Banyak kafe sukses yang dibangun di dalam pusat perbelanjaan, di daerah tempat orang-orang berkumpul untuk jalan-jalan atau berbelanja, dan di dekat pusat perkantoran. Kafe harus mudah dijangkau oleh mereka yang kemungkinan merupakan pelanggan terbesar kafe, karena konsumen kafe lazimnya tak ingin repot-repot menjelajahi komplek yang rumit hanya untuk mencari sebuah kafe.

 

Kualitas Kopi Bermutu

Tips bisnis ini kelihatannya jelas, namun ternyata masih banyak bisnis kafe yang beranggapan bahwa menyediakan kopi yang kualitasnya sedang-sedang saja tak masalah, asal kafe dibuat nyaman sebagai tempat nongkrong. Kenyataannya, banyak bisnis kafe yang bangkrut karena hanya mengandalkan atmosfer kafe sebagai tempat nongkrong, dan tidak memerhatikan kualitas minuman yang disajikan. Jumlah penikmat kopi di Indonesia saat ini makin banyak, dan bahkan mereka yang bukan connoisseur (penikmat produk berkualitas tinggi) juga banyak yang tertarik meminum kopi bermutu. Kafe yang menyediakan kopi bermutu akan mendapat kelompok pelanggan yang jumlahnya kecil tapi setia.

Cara menyediakan kopi bermutu adalah dengan menyediakan barista profesional, berinvestasi pada gaji dan pelatihan mereka, memesan kopi dari produsen kopi bermutu, menyediakan berbagai resep racikan kopi serta membeli peralatan pembuat kopi standar kafe yang bermutu. Banyak tempat minum kopi yang mengaku ‘kafe’ namun hanya mengandalkan pembuatan kopi dengan cara manual; hal ini akan membuat kafe lama-lama dijauhi (kecuali kafe tersebut memang berlabel kafe murah/pinggir jalan).

 

Atmosfer Nyaman

Karena merupakan tempat bergaul dan bersosialisasi, serta tempat melepas lelah bagi banyak orang, tips bisnis kafe juga menekankan pada lingkungan atau sausarana sekitar. Kafe yang berkualitas sebaiknya memiliki atmosfer nyaman. Bagian dalam kafe sebaiknya dibuat dengan insulasi agar keriuhan di luar kafe (misalnya lalu lalang orang dan kendaraan) bisa agak teredam. Kafe juga harus bersuhu nyaman, memiliki tempat duduk memadai dan jalur antar meja serta kursi yang lebar untuk menjaga agar pengunjung tak terganggu dengan lalu lalang orang yang terlalu dekat.

Anda bisa juga membuat kafe bertema sebagai daya tarik tambahan, misalnya kafe berdesain seperti kafe ala Italia atau Prancis, kafe dengan hiasan gaya retro, kafe bertema film dan sebagainya. Hal ini akan menimbulkan kesan tersendiri bagi pelanggan sehingga kafe Anda mudah diingat. Cobalah lakukan tips bisnis di atas untuk membuat kafe Anda menjadi sumber penghasilan yang potensial, dengan menjual tiga daya tarik: lokasi strategis, kopi berkualitas dan atmosfer yang nyaman bagi pengunjung.