SOLID GOLD BERJANGKA – Salah satu jenis bisnis yang banyak dipilih baik oleh pengusaha yang telah berpengalaman atau pun pebisnis pemula adalah usaha di bidang makanan. Seiring dengan berkembangnya sistem bisnis modern, bisnis waralaba makanan pun menjelma menjadi suatu peluang usaha yang menjanjikan, karena lebih mudah dijalankan, termasuk oleh pebisnis yang belum memiliki cukup pengalaman. Terdapat berbagai jenis waralaba yang dapat Anda pilih, baik yang berasal dari luar negeri dengan merk terkenal yang telah mendunia, atau berbagai macam merk lokal hingga bisnis makanan tradisional yang terwaralaba.

 

Mengapa memilih waralaba makanan?

Bidang makanan adalah salah satu jenis usaha yang tidak pernah mati karena memiliki jangkauan pasar yang luas dan karena makanan adalah kebutuhan pokok yang harus dipenuhi untuk menjaga kelangsungan hidup. Selain sebagai kebutuhan pokok, beberapa jenis makanan juga dikonsumsi sebagai trend terutama pada segmen pasar anak muda. Sering kita temui anak-anak muda yang berjalan-jalan di mall sambil mengunyah suatu produk snack, atau memegang gelas minuman bermerk tertentu untuk melengkapi penampilan trendy mereka. Beberapa pebisnis menangkap peluang ini dan membangun bisnis waralaba makanan yang khas anak muda dengan rasa atau kemasan yang menarik sebagai bagian dari gaya hidup.

 

Kelebihan bisnis waralaba

Bisnis waralabamemiliki resiko yang lebih kecil dibanding membangun bisnis sendiri karena Anda tidak perlu melalui tahapan trial and error dalam merintis bisnis. Dengan sistem yang telah siap pakai, Anda tinggal menjalankan sistem bisnis yang telah teruji dan menguntungkan karena anda telah memiliki konsumen. Setelah membeli sebuah franchise, Anda berhak menggunakan merk dagang perusahaan franchisor dan akan mendapatkan pelatihan manajemen untuk mengelola bisnis dari perusahaan tersebut. Fasilitas lain seperti peralatan atau property juga akan didapatkan oleh penerima franchise sesuai perjanjian waralaba yang telah disepakati. Dengan merk dagang yang telah terkenal dan jaringan yang luas, lebih kecil kemungkinan bisnis waralaba Anda mengalami kegagalan dibandingkan merintis bisnis pribadi.

 

Kerugian bisnis waralaba

Jika memutuskan untuk membeli merk waralaba, sejak awal Anda sudah harus siap untuk menerima visi, misi, dan sistem manajemen yang telah ditetapkan oleh pihak pemberi waralaba. Kerugian dalam hal ini adalah Anda tidak bisa mengembangkan ide atau potensi yang Anda miliki dalam bisnis terwaralaba karena sistem yang ditetapkan adalah seragam. Jadi, bisnis waralaba memang lebih sesuai bagi pebisnis pemula yang belum berani menanggung resiko kerugian. Brand image bisnis dengan sistem waralaba yang kurang kuat, tidak populer, dan tidak mempunyai ciri khas tertentu juga lebih tinggi resiko kegagalannya, karena harus menghadapi banyak pesaing dengan produk yang mirip  atau bahkan serupa. Persaingan dalam dunia bisnis memang berlangsung sangat ketat dengan banyaknya pebisnis lama atau pun pendatang yang turut “bermain”. Oleh karena itu pastikan mitra waralaba Anda benar-benar mempunyai sistem yang mumpuni.

 

Kriteria waralaba makanan yang baik

Jika Anda ingin memulai bisnis waralaba makanan, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini sebagai pedoman memilih mitra franchise yang tepat:

– Perusahaan waralaba yang baik mempunyai merk terkenal yang telah dipatenkan

– Sistem yang terbukti menguntungkan

– Memiliki saham yang besar, dan

– Usaha tersebut telah berjalan dalam jangka waktu tertentu, semakin lama semakin baik.

– Laporan keuangan dari perusahaan dibuat oleh akuntan publik dengan rapi, bisa dipercaya, dan mudah dipahami.

– Transparan dalam hal keuangan terhadap pembeli waralabanya dan sanggup menerima pembayaran secara fleksibel atau bertahap.

Dalam bisnis waralaba makanan, franchisor yang baik juga menyediakan pasokan bahan pokok dengan kualitas yang sama bagi semua gerainya. Nah, dengan mengikuti pedoman ini Anda tidak perlu ragu untuk terjun dalam bidang bisnis makanan dengan sistem waralaba.