PT.SolidGoldSemarang~Saham-saham Asia menguat, dengan indeks regional yang mengarah ke 2 1/2-minggu tertinggi, di tengah optimisme penguatan ekonomi terbesar di dunia.

Indeks MSCI Asia Pacific naik 0,2% menjadi 138,04 pada pukul 09:01 pagi di Tokyo, sebelum pasar di Hong Kong dan China dibuka. Indeks S&P/ASX 200 Australia menguat 0,5%, dengan volume 62% di bawah 30-hari rata-rata intraday, setelah kembali ke perdagangan pasca liburan Natal selama dua hari. Saham AirAsia Bhd. diprediksi bergerak setelah salah satu pesawatnya yang membawa 162 orang menghilang.

Indeks ekuitas Amerika menguat ke rekor pada minggu lalu dan indeks volatilitas merosot karena data menunjukkan produk domestik bruto AS menguat pada tingkat tahunan sebesar 5% dari bulan Juli hingga September, yang merupakan laju tercepat sejak tahun 2003. Kontrak pada indeks Standard & Poor 500 sedikit berubah hari ini.

Indeks Topix Jepang naik 0,4%. Indeks Kospi Korea Selatan turun 0,6%. Indeks NZX 50 Selandia Baru tergelincir dari semua waktu tinggi, turun 0,1%.

Data pada akhir pekan menunjukkan keuntungan perusahaan industri China mengalami penurunan paling tajam dalam dua tahun pada bulan lalu, menambah tanda-tanda perlambatan yang mendalam ekonomi terbesar di Asia. China menuju pertumbuhan tahunan paling lambat sejak 1990 di tengah kelebihan kapasitas industri, kemerosotan sektor perumahan dan deflasi dalam factory-gate.(frk)

Sumber : Bloombergbaca Disclaimer