PT Solid Gold SMG – Saham-saham Asia naik untuk hari keempat akibat saham-saham Jepang menguat setelah yen terdepresiasi ke level terendah tujuh tahun di tengah spekulasi negara tersebut akan menunda menaikkan pajak penjualan lagi.

Indeks MSCI Asia Pacific naik 0,3% menjadi 141,38 pada pukul 09:02 pagi di Tokyo. Indeks Topix menguat kemarin untuk penutupan tertinggi dalam enam tahun di tengah laporan Perdana Menteri Shinzo Abe yang sedang mempertimbangkan untuk menunda kenaikan retribusi kedua kali dan bersiap-siap untuk mengadakan pemilu pada bulan depan.

Investor menunggu laporan kuartal ketiga pertumbuhan ekonomi Jepang pada tanggal 17 November mendatang, yang akan membantu Abe memutuskan kenaikan penjualan-pajak lainnya tahun depan. Abe mengatakan kepada wartawan kemarin di forum Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) di Beijing bahwa ia belum membuat keputusan terkait pembubaran parlemen.

Indeks Topix naik 0,8%. Indeks ekuitas yang besar telah menambahkan 8,4% sejak 30 Oktober yang lalu, sehari sebelum Bank of Japan memperluas program stimulus dan dana pensiun negara tersebut mengatakan akan meningkatkan kepemilikan saham domestik.

Indeks Kospi Korea Selatan sedikit berubah. Indeks NZX 50 Selandia Baru naik 0,2%. Indeks S&P/ASX 200 Australia turun 0,5%. Pasar saham di China dan Hong Kong belum dibuka.

Sumber : Bloomberg
baca Disclaimer