Bursa saham Asia dibuka menguat, mengikuti saham AS yang lebih tinggi, setelah harga minyak mentah naik ke hampir lima bulan tertinggi dan saham-saham Jepang menguat karena yen mempertahankan kerugian tiga hari terhadap dolar.

Indeks MSCI Asia Pacific naik 0,6 persen menjadi 133,23 pada pukul 09:05 pagi di Tokyo. Saham-saham global mencapai level tertingginya sejak Desember lalu, memperpanjang reli dari level terendah tahun ini menjadi 16 persen di tengah tanda-tanda stabilnya dalam pertumbuhan ekonomi China serta minyak yang bertahan di atas $ 43 per barel. Perusahaan-perusahaan AS melaporkan laba yang lebih baik dari perkiraan sementara Federal Reserve isyaratkan kecepatan kenaikan suku bunga yang lebih lambat.

Indeks Topix Jepang melonjak 1,4 persen, menuju penutupan tertinggi sejak bulan Februari, karena yen tetap stabil setelah mengalami penurunan dalam tiga hari. Bank of Japan kemungkinan akan meningkatkan pembelian aset pada pertemuan kebijakan moneter pekan depan, analis dari Goldman Sachs Group Inc. menulis dalam sebuah laporan yang diterbitkan pada hari Rabu. Broker memajukan waktu perkiraan atas stimulus lebih lanjut menjadi minggu depan dari bulan Juni karena memburuknya kepercayaan bisnis dan dampak dari gempa minggu lalu.(frk)

Sumber: Bloomberg