PT.SolidGoldSemarang~Saham-saham Asia dibuka menguat, dengan indeks acuan regional bergerak naik dari level terendah tiga bulan, karena investor mengamati perkembangan krisis utang Yunani.

Indeks MSCI Asia Pacific naik 0,1% ke level 145,16 pada pukul 09:01 pagi di Tokyo setelah penutupan pada hari Senin di level terendah sejak 17 Maret. Indeks tersebut berada di jalur untuk penurunan sebesar 4,1% dalam bulan ini dan 0,8% untuk kuartal. Indeks Standard & Poor 500 merosot 2,1% pada Senin kemarin, sementara Indeks Stoxx Europe 600 turun 2,7%.

Yunani jatuh ke dalam gejolak keuangan setelah Perdana Menteri Alexis Tsipras memutuskan untuk menempatkan tuntutan kreditor dalam referendum. Setelah negara tersebut dikenakan kontrol modal dan menutup bank-bank, fokus pada hari Selasa bergeser apakah itu akan menjadi default, dengan pembayar yang jatuh tempo kepada Dana Moneter Internasional sebesar $ 1.7 miliar. 12.000 orang berkumpul di Athena Syntagma Square dengan spanduk yang bertuliskan “hidup kita bukan milik para kreditur,” Tsipras menyerang dengan nada menantang, mengatakan para pemimpin Eropa tidak memiliki keberanian untuk menendang Yunani keluar dari zona mata uang euro.(frk)

Sumber: Bloomberg
baca Disclaimer