Saham-saham di China dan Hong Kong naik setelah regulator mengatakan hubungan pertukaran antara kota dan Shanghai akan dimulai dalam seminggu, sementara yuan menguat.

Saham Citic Securities Co. rally 3,6% di Shanghai. Saham Hong Kong Exchanges & Clearing Ltd. naik 4,8%. Link perdagangan memungkinkan manajer uang asing untuk membeli bersih 13 miliar yuan ($ 2,1 milyar) per hari untuk saham China, sambil memberikan jalan bagi investor daratan untuk membeli saham-saham Hong Kong. Yuan naik terhadap dolar setelah bank sentral menaikkan suku bunga acuannya yang terbesar sejak Juni 2010.

Indeks Shanghai Composite naik 0,7% menjadi 2,435.10 pada pukul 09:38 pagi waktu setempat. Indeks Hang Seng naik 1,9% menjadi 23,996.87. Para broker telah bekerja ekstra dalam bersiap-siap untuk menghadapi link, yang merupakan bagian dari upaya China untuk meningkatkan penggunaan yuan dan berbelokan Shanghai menjadi pusat keuangan internasional.

Indeks CSI 300 naik 0,8%. Indeks Hang Seng China Enterprises naik 1,8%. Data hari ini menunjukkan PPI China turun dalam rekor 32 bulan berturut-turut pada bulan Oktober dan inflasi konsumen tetap tenang. Ekspor China naik lebih dari yang diperkirakan pada bulan lalu, memicu kekhawatiran atas faktur palsu karena impor berkembang kurang dari yang diharapkan.

Bursa-bursa di Shanghai dan Hong Kong akan memungkinkan perdagangan melalui program dari 17 November, regulator mengatakan dalam sebuah pernyataan bersama pada hari ini.(frk)

Sumber : Bloomberg

baca Disclaimer