SOLIDGOLD – Bursa Eropa Berakhir Kuat, Pidato Draghi Akan Dicermati

SOLIDGOLD LAMPUNG – Diperkirakan bursa Eropa akan mencermati pidato Presiden ECB Mario Draghi sore nanti. Juga akan mencermati pergerakan harga minyak mentah dan bursa Wall Street.

Bursa Saham Eropa ditutup lebih tinggi pada akhir perdagangan Kamis malam tadi, setelah imbal hasil obligasi AS menurun dan Ketua Federal Reserve Amerika Serikat Janet Yellen mengisyaratkan kenaikan suku bunga Amerika Serikat segera di bulan Desember.

Indeks CAC berakhir pada 4.527,77, naik 26,63 poin atau 0,59 %

Indeks DAX berakhir pada 10.685,54, naik 21,67 poin atau 0,20 %

Indeks FTSE berakhir pada 6.794,71, naik 44,99 poin atau 0,67 %

Indeks IBEX berakhir pada 8.718,00, naik 79.50 poin atau 0.92 %

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 adalah 0,63 % lebih tinggi pada penutupan, membalikkan penurunan sebelumnya. Semua saham berakhir lebih tinggi dan sektor sumber daya dasar mengungguli lainnya, naik lebih dari 1,6 %.

Ketua Fed Janet Yellen, pada Kamis kemarin membuat komentar terkuatnya hingga saat ini untuk mendukung pengetatan kebijakan pada bulan Desember, mengatakan kepada Kongres peningkatan suku bunga dapat relatif segera dilaksanakan.

Kepala bank sentral Amerika Serikat juga menyebutkan berbahaya jika menunggu terlalu lama, yang dapat mengakibatkan Fed harus bergerak terlalu cepat di masa depan, menurut pernyataan dia pada acara Joint Economic Committee of Congress.

Sementara itu, harga minyak naik pada sesi Eropa Kamis dengan minyak mentah Amerika Serikat melompat sebanyak $ 1 per barel yang, sebagian besar, karena optimisme baru bahwa OPEC akan membatasi produksi pada pertemuan kunci mendatang.

Namun kenaikan minyak dibatasi penguatan dollar yang melonjak terlalu tinggi dengan minyak mentah Brent berada pada $ 46,59 per barel pada 11:30 ET, sedangkan minyak mentah WTI sekitar $ 45,53 pada waktu yang sama.

Dalam berita bisnis Eropa, Rio Tinto memecat dua eksekutif puncak lebih karena tuduhan dalam pembayaran $ 10.500.000 terkait untuk memenangkan tambang bijih besi di Guinea. Saham naik 1,9 % di wilayah positif pada penutupan.

Pada sektor pertambangan, saham Anglo American lebih tinggi meskipun mengumumkan pada hari Rabu bahwa ia menangguhkan semua operasi di tambang tembaga Los Bronces di Chile setelah protes.

Di sisi pendapatan, Ahold Delhaize melaporkan laba inti kuartal ketiga yang di bawah ekspektasi analis, membuat saham 3,75 % lebih rendah.

Zurich Insurance adalah di zona positif setelah mengatakan bertujuan untuk mempertahankan dividen tahunan sebesar 17 franc Swiss ($ 16,95) dan memotong biaya lebih lanjut.

Dan bank swasta Swiss Julius Baer melaporkan aset di bawah manajemen naik 9 persen dalam 10 bulan pada 2016, membuat saham 1,8 % lebih tinggi pada penutupan.
SOLIDGOLD

Sumber : Vibiznews