PT.SolidGoldSemarang~Bursa saham Jepang naik, sehari setelah tergelincir ke bear market, karena investor menimbang apakah kegaduhan yang telah menghapus lebih dari $ 15 triliun dari ekuitas global sudah terlalu jauh.

Indeks Topix naik 1,3 persen menjadi 1,356.63 pada istirahat perdagangan di Tokyo, sementara Nikkei 225 Stock Average naik 1,6 persen menjadi 16,682.11. Kedua indeks pada hari Rabu ditutup turun lebih dari 20 persen dari tertingginya di tahun 2015. MSCI Inc. indeks ekuitas global juga di ambang menuju bear market di tengah jatuhnya harga energi, kenaikan suku bunga AS dan kekhawatiran atas kemampuan China untuk mengelola transisi ke pertumbuhan yang lebih berkelanjutan. Saham AS reli di jam terakhir perdagangan untuk memangkas penurunan.

Maskapai penerbangan, produsen kaca dan pembuat ban memimpin kenaikan dengan semua kecuali dua dari 33 kelompok industri Topix yang naik. Saham Nippon Electric Glass Co. melonjak 7,3 persen, berada diantara keuntungan terbesar dalam Nikkei 225, setelah JPMorgan Chase & Co menaikkan rating saham perusahaan tersebut. Saham Laox Co. menambahkan 5,1 persen setelah peritel mengatakan penjualan pada bulan Desember melonjak 23 persen dari tahun sebelumnya. Saham Yaskawa Electric Corp. turun 5,7 persen, yang terbesar di Nikkei 225, setelah memotong perkiraan laba.(frk)

Sumber: Bloomberg
baca Disclaimer