Hasil gambar untuk Bursa Saham Asia Dibuka Menguat 0.2% Ditengah Kenaikan Dolar

PT.SolidGoldSemarang~ Bursa Saham Asia dibuka menguat dengan memangkas penurunan mingguan pada indeks acuan tersebut sejak akhir Januari lalu, sementara dolar mempertahankan gain menjelang rilis data terkait pasar tenaga kerja AS. Sedangkan minyak yang diperdagangkan di New York mencatat gaim mingguan.

Indeks MSCI Asia Pacific naik 0.2% pukul 9:31 pagi ini waktu Tokyo dengan memangkas penurunan mingguan sebesar 0.6% seiring Indeks Topix Jepang kembali ke level tertingginya dalam lebih dari 7 tahun terakhir. Bursa Saham Australia melemah setelah harga bijih besi anjlok. Indeks Berjangka Standard & Poor 500 stagnan setelah sempat naik untuk pertama kalinya dalam 3 hari terakhir ditengah volume perdagangan yang rendah sejak 2 Januari lalu. Dolar AS mendekati level tertingginya dalam 3 pekan terakhir terhadap yen dan berada di level 11 tahan tertingginya terhadap euro. Ringgit Malaysia melemah. Pekan ini minyak mentah di AS mengalami kenaikan 2.5%.

Saat bursa saham global kembali mendekati level tertingginya multi tahun, pekan ini ekuitas terdorong seiring Eropa mengkonfirmasi rencana untuk memulihkan perekonomian melalui pembelian obligasi dan China menetapkan target pertumbuhan ekonomi terendahnya dalam kurun waktu 15 tahun terakhir. Payroll hari Jumat ini diperkirakan akan menjadi petunjuk waktu bgai AS untuk menaikkan suku bunga dengan rilis data Kamsi kemarin menyatakan klaim pengangguran berada di level 9 bulan tertingginya. Bursa Saham di India di Jumat ini libur dan parlemen China melanjutkan pertemuan di Beijing. (bgs)

Sumber : Bloomberg
baca Disclaimer