Bursa saham Asia jatuh untuk hari kelima, dengan indeks acuan regional ditetapkan untuk kerugian mingguan terburuk dalam hampir tiga bulan terakhir, karena para pedagang Jepang telah kembali dari liburan tiga hari dan investor menunggu laporan bulanan pekerjaan AS sebagai petunjuk terkait kekuatan ekonomi terbesar di dunia.

Indeks MSCI Asia Pacific turun 0,5 persen menjadi 126,88 pada pukul 16:18 sore di Hong Kong, dan berada di jalur untuk penurunan 3,3 persen minggu ini, penurunan mingguan terbesar sejak Februari. Pasar ekuitas di seluruh wilayah Asia telah jatuh minggu ini, sementara yen telah melemah sejak saham Jepang terakhir diperdagangkan pada hari Senin. Pasar saham Korea Selatan, Indonesia, dan Thailand ditutup untuk liburan.

Reli ekuitas global sedang goyah karena investor mengukur prospek untuk suku bunga AS yang lebih tinggi di tengah tanda-tanda gigih yang hangat untuk memperlambat pertumbuhan ekonomi utama. Sementara pejabat The Fed mengisyaratkan dalam beberapa hari terakhir bahwa biaya pinjaman bisa naik secepatnya di bulan Juni, pedagang berjangka menetapkan probabilitas hanya 10 persen untuk langkah tersebut setelah data terbaru menunjukkan ekonomi AS masih lesu.(frk)

Sumber: Bloomberg