Solid Gold SMG-Sebagian besar saham Asia menguat pasca Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe meyerukan untuk mempercepat pemilu dan ekuitas AS rally ke level tertingginya sepanjang masa.

Indeks MSCI Asia Pacific Index naik sebesar 0,1 persen ke level 140,75 pukul 09:05 di Tokyo, dengan tiga saham menguat untuk setiap saham yang jatuh. Abe juga mengatakan pada konferensi pers kemarin di Tokyo akan membubarkan parlemen mejelis rendah Jepang pada 21 November mendatang, tanpa memberikan tanggal dilaksanakannya pemilu. Dia juga menunda kenaikan pajak penjualan kedua selama 18 bulan yang dijadwalkan untuk Oktober mendatang pasca kenaikan tahap pertama pada bulan April lalu yang menyebabkan pengeluaran konsumen stagnan dan ekonomi mengalami kontraksi selama dua kuartal berturut-turut.

Indeks Topix Jepang naik sebesar 0,7 persen pasca yen di dekat level terendah dalam tujuh tahun terakhir terhadap dolar. Abe juga memerintahkan para menterinya untuk mempersiapkan paket stimulus tambahan. Bank of Japan akan menyimpul hasil pertemuan kebijakan selama dua hari pada hari ini, pasca meningkatkan stimulus yang sudah belum pernah terjadi sebelumnya pada bulan lalu.

Indeks Kospi Korea Selatan menguat sebesar 0,1 persen. Indeks NZX 50 Selandia Baru naik sebesar 0,1 persen dan indeks S&P/ASX 200 Australia tergelincir sebesar 0,2 persen. Pasar finansial di China dan Hong Kong belum dibuka ketika berita ini diturunkan.

Kontrak pada indeks Hang Seng naik sebesar 0,1 persen pada sesi perdagangan terbaru mereka. Indeks Hong Kong telah jatuh sebesar 2,3 persen dalam dua hari terakhir menuju level tiga pekan terendah di tengah awal yang lambat untuk link perdagangan saham Shanghai-Hong Kong. Hanya sebesar 7,6 persen dari kuota Hong Kong diambil kemarin, sementara 37 persen dari batas Shanghai dipenuhi. (izr)

Sumber: Bloomberg

baca Disclaimer