PT.SolidGoldSemarang~Saham Asia jatuh, menghentikan rebound dua harinya, minyak tergelincir kembali di bawah $ 30 per barel dan saham Jepang memimpin penurunan.

Indeks MSCI Asia Pacific turun 0,9% menjadi 118,75 pada 09:10 pagi di Tokyo setelah mencatat reli terbesar dua hari sejak Oktober 2011. Indeks Standard & Poor 500 menghentikan gain dua hari , dengan penurunan dipercepat di jam terakhir perdagangan karena minyak mentah melanjutkan aksi jual tersebut. Sementara perputaran di pasar ekuitas China menjadi pusat dalam beberapa pekan pertama tahun ini, dampak dari penurunan dalam minyak pada permintaan industri, harga dan pertumbuhan ekonomi di seluruh dunia, dengan Indeks saham dan harga minyak mentah sekarang yang paling berkorelasi sejak 2013.

Indeks Topix Jepang anjlok 1,9% setelah naik pada Senin untuk membukukan gain back-to-back pertama tahun ini. Indeks Selandia Baru kehilangan 0,3%. Pasar saham di China dan Hong Kong belum dibuka, sedangkan Australia ditutup untuk liburan.

Indeks berjangka FTSE A 50 China tergelincir 0,2% di sebagian besar perdagangan terakhir, sedangkan untuk indeks Hang Seng turun 0,5% dan Hang Seng China Enterprises kehilangan 0,4%. Shanghai Composite naik 0,8% pada hari Senin karena produsen batubara dan baja naik terkait janji pemerintah untuk lebih memangkas kelebihan kapasitas serta kelebihan tenaga kerja di industri-industri.(yds)

Sumber: Bloomberg
baca Disclaimer