Solid Gold SMG – Saham Asia menguat, mengirim indeks acuan rebound dari hampir 7 bulan terakhir, setelah indeks ekuitas AS rally. Indeks Jepang Topix (TPX) naik di tengah optimisme dana pensiun Jepang sebesar $ 1.2 triliun yang akan membeli lebih banyak saham.

Indeks MSCI Asia Pacific (MXAP) naik sebesar 1,1 persen ke level 135,15 pukul 09:04 pagi waktu Tokyo, didukung oleh sebuah lonjakan sebesar 2,7 persen untuk Indeks Topix. Indeks regional yang merosot pekan lalu ke level terendahnya sejak Maret lalu, memperpanjang penurunan lebih dari 10 persen sejak 29 Juli, definisi umum dari koreksi. Kekhawatiran tentang ekonomi Eropa yang sedang melemah, Federal Reserve akan kenaikan tingkat suku bunga dan penyebaran virus Ebola memangkas sekitar $ 2.8 triliun dari nilai saham global pada bulan Oktober pekan lalu.

Indeks Topix Jepang menuju reli tertajam dalam lebih dari satu tahun terakhir seiring mata uang yen memperpanjang penurunan, diperdagangkan pada level 107,12 per dolar. Investasi Dana Peniun Pemerintah akan menaikkan target alokasi untuk saham domestik sekitar 25 persen dari sebelumnya 12 persen, menurut surat kabar Nikkei pada 18 Oktober kemarin.

Indeks Kospi Korea Selatan, Indeks Australia S & P / ASX 200 dan Indeks NZX 50 Selandia Baru menguat sebesar 1,1 persen. Pasar perdagangan di Hong Kong dan China belum dibuka.

Sumber : Bloomberg