PT.SolidGoldSemarang–Saham Asia jatuh untuk hari ketiga dan Indeks berjangka AS turun seiring harga minyak masih mengalami penurunan.

Indeks MSCI Asia Pacific turun 0,3% menjadi 140,25 pada 09:01 pagi di Tokyo, sebelum pasar saham di China dan Hong Kong dibuka. Produsen energi mencatat penurunan tertajam pekan lalu minyak Brent memperpanjang penurunan di 2014 menjadi 37% ditengah melimpahnya pasokan. Minyak West Texas Intermediate (WTI) hari ini turun di bawah haraga $ 65 per barel untuk pertama kalinya sejak Mei 2010. Indeks manufaktur China dan zona euro yang jatuh tempo hari ini.

Sektor manufaktur dalam perekonomian terbesar di Asia itu tumbuh pada laju paling lambat sejak April, menurut ekonom yang disurvei menjelang rilis data pemerintah yang dijadwalkan hari ini. Indeks Shanghai Composite naik 7,9% pekan lalu ditengah optimisme rendahnya harga minyak mentah yang akan menguntungkan perusahaan transportasi serta bank sentral yang akan terus melonggarkan kebijakan moneternya.

Indeks Australia S&P / ASX 200 turun 0,8%, dengan BHP Billiton Ltd dan Woodside Petroleum Ltd yang menyeret penurunan terbesar . Indeks Kospi Korea Selatan turun 0,6%. Indeks Topix Jepang naik 0,4% karena yen melemah 0,2% menjadi 118,85 per dolar. Indeks NZX 50 Selandia Baru naik 0,1%.

Kontrak pada indeks Standard & Poor 500 melemah 0,4R. Indeks yang mendasari turun 0,3% pada 28 November seiring lantai bursa ditutup lebih awal pasca hari libur Thanksgiving.(yds)

Sumber: Bloomberg

baca Disclaimer