Bursa Saham AS menguat, indeks acuan tersebut ditutup pada level tertingginya sepanjang sejarah, ditengah optimisme perekonomian yang sedang menunjukkan kenaikan guna meredam pelambatan pertumbuhan ekonomi global.

Saham perusahaan telephone pimpin gain, sementara saham-saham teknologi menguat seiring Hewlett-Packard Co. mencuat ke level tertingginya sejak Mei 2011 silam meski setelah pendapatannya tidak sesuai dengan perkiraan para analis sebelumnya. Saham perusahaan penghasil energi melemah akibat Seadrill Ltd. menunda pembagian dividen ditengah menurunnya harga minyak dunia dalam lebih dari 4 tahun terakhir.

Indeks Standard & Poor 500 menguat 0.3% ke level 2,072.79 pukul 4 sore waktu New York, memperpanjang gain di akhir 15 menit perdagangan saham. Sementara Dow Jones Industrial Average naik 12.81 poin atau 0.1% ke level 17,827.75. Kedua indeks acuan saham tersebut ditutup pada rekornya. Indeks Nasdaq 100 menguat 0.7% yang memperpanjang level 14 tahun tertingginya. Besok Bursa Saham AS akan tutup untuk memperingati hari libur Thanksgiving.

Kepercayaan konsumen AS bulan November naik ke level lebih dari 7 tahun tertingginya akibat para warga Amerika melihat membaiknya financial mereka menjelang liburan pada musim belanja. Rilis data terpisah menunjukkan belanja konsumen AS bulan Oktober naik pada laju yang sama akibat pendapatan, yang menunjukkan sektor rumah tangga berada pada momentumnya seiring musim liburan untuk belanja tiba. (bgs)

Sumber : Bloomberg