PT.SolidGoldSemarang~Kenaikan saham-saham perusahaan pertambangan telah mendongkrak Bursa Saham Eropa naik 0.1% dari level 6 tahun tertingginya ditengah spekulasi bahwa ECB (European Central Bank) akan menaikkan stimulus.

Indeks Stoxx Europe 600 menguat 0.6% ke level 349.34 pada sesi penutupan perdagangan saham di London. Level itu tertingginya sejak 10 Juni lalu dan Saham Rio Tinto Group mendorong acuan saham perusahaan komoditas mencatat gain tertingginya pada Bursa Saham Eropa. Indeks Acuan Saham Eropa rebound 13% dari level terendahnya di bulan Oktober lalu akibat Presiden Mario Draghi menyatakan bahwa ECB kemungkinan akan memperluas program pembelian asetnya yang meliputi obligasi pemerintah, sementara itu bank sentral di Jepang dan China mendorong stimulus guna menopang pertumbuhan ekonomi. Besok ECB dijadwalkan akan membahas kebijakan moneter.

Spekulasi telah meningkat setelah ECB diperkirakan akan melangkah lebih dekat ke pelonggaran kualitatif (quantitative easing) dengan skala yang besar. Hal tersebut telah memicu para investor untuk mengirimkan uang ke ekuitas regional Eropa untuk pertama kalinya dalam 5 bulan terakhir.

Indeks ASE Yunani dan Indeks IBEX 35 Spanyol menguat lebih dari 1%, gain tertinggi diantara 18 Bursa Saham di Eropa Barat. Indeks FTSE 100 London melemah 0.4% setelah Menteri Keuangan George Osborne menaikkan perkiraan akan hutang pemerintah London. (bgs)

Sumber : Bloomberg

baca Disclaimer