Solid Gold – Bursa Saham Jepang melemah, Indeks Topix menuju pelemahan pada pekan kedua, setelah peringatan oleh ECB (European Central Bank) mengenai outlook ekonomi Jepang memicu pelemahan Bursa Saham AS.

Indeks Topix melemah 1.5% ke level 1,241.93 pukul 9:02 pagi waktu Tokyo, dengan semua 33 grup industri melemah. Pekan ini indeks tersebut menuju penurunan 3.4%. Indeks Nikkei 225 Stock Average melemah 1.3% ke level 15,284.84. Sementara yen berada pada level 107.83, mencatat gain mingguan pertama sejak Agustus lalu.

Hari ini kontrak berjangka pada Indeks Standard & Poor 500 melemah 0.4%. Acuan ekuitas tersebut kemarin turun 2.1%, penurunan tajam sejak April dan menghapus reli tertingginya sepanjang tahun 2014 ini, hal itu terkait kekhawatiran melambatnya pertumbuhan ekonomi Eropa yang akan memperburuk ekonomi Amerika setelah Federal Reserve mengakhiri program pembelian obligasinya.

Hari BOJ (Bank of Japan) merilis hasil pertemuannya bulan September lalu, dengan menyatakan bahwa merekan akan membuat penyesuaian terhadap kebijakan jika diperlukan.

Sumber : Bloomberg