PT.SolidGoldSemarang~Saham Jepang turun mengakhiri rebound dua hariny terkait minyak kembali anjlok sehingga menghidupkan kembali kekhawatiran mengenai pertumbuhan ekonomi global.

Indeks Topix turun 1,9% menjadi 1,366.27 pada 09:05 pagi di Tokyo setelah membukukan gain back-to-back pertama di tahun ini pada Senin. Semua dari 33 kelompok industri turun, dipimpin oleh produsen komoditas. Indeks Nikkei 225 Stock Average kehilangan 2,1% menjadi 16,744.63. Minyak mentah tergelincir kembali di bawah $ 30 per barel setelah anjlok 5,8% pada hari Senin, melanjutkan penurunan yang telah diperkuat kekhawatiran atas lemahanya permintaan industri, pertumbuhan ekonomi dunia dan disinflasi.

Kontrak berjangka pada indeks Standard & Poor 500 turun 0,2% setelah Indeks saham utama turun 1,6% pada Senin, dengan penurunan di jam terakhir perdagangan seiring minyak mentah dijual. Bahkan setelah itu ditetapkan pemulihan akhir pekan lalu, minyak mendekati penurunan 20% tahun ini karena melimpahnya pasokan dan prospek kecemasan tambahan bahan bakar ekspor Iran melebihi pasokan global.(yds)

Sumber: Bloomberg
baca Disclaimer