SGB LAMPUNG – Bursa Saham AS ditutup lebih tinggi pada akhur perdagangan Rabu, terdorong oleh data manufaktur yang lebih baik dari perkiraan dan pemulihan intraday harga minyak mentah.

Indeks utama rata-rata meningkat dari posisi terendah sesi setelah data ISM manufaktur PMI untuk Mei melampaui ekspektasi dengan hasil 51,3. Perkiraan konsensus dari Reuters diperkirakan 50,5, hampir di wilayah ekspansi dan turun sedikit dari laporan bulan sebelumnya 50,8.

Harga minyak mentah berjangka AS berakhir turun 9 sen, atau 0,18 persen, pada $ 49,01 per barel setelah sebelumnya jatuh di bawah $ 48 per barel.

Reuters melaporkan Rabu bahwa empat sumber OPEC mengatakan organisasi akan mempertimbangkan pengaturan plafon produksi minyak baru pada pertemuan yang dijadwalkan Kamis.

Indeks S & P 500 ditutup lebih tinggi tetapi di bawah tombol psikologis 2.100 tingkat, yang sempat menembus di perdagangan sore.

Sektor konsumen, perawatan kesehatan dan utilitas memimpin indeks S & P 500 yang menguat, sementara sektor keuangan dan energi pulih dari kerugian untuk menutup sedikit lebih tinggi.

Indeks Nasdaq membukukan enam hari kemenangan beruntun pertama sejak Februari 2015. Saham Costco naik 2,5 persen untuk dampak positif terbesar pada Nasdaq 100. Goldman Sachs meningkatkan saham Costco untuk “membeli” dari “netral.” Saham Apple ditutup 1,4 persen lebih rendah untuk dampak negatif terbesar.

Indeks Dow Jones Industrial Average ditutup naik sekitar 2,5 poin setelah sebelumnya jatuh 122 poin. Saham Apple dan IBM adalah kontributor terbesar untuk penurunan.

The Fed Beige Book yang dirilis Rabu sore mengatakan ada pertumbuhan ekonomi moderat sejak laporan terakhir. Beige Book juga mengatakan pasar tenaga kerja yang ketat yang mendorong upah.

Berita ekonomi utama untuk minggu ini adalah laporan pekerjaan, dijadwalkan untuk dirilis Jumat. Ketua Fed Janet Yellen diatur untuk berbicara pada tanggal 6 Juni. Dia juga dijadwalkan untuk berpidato kepada Komite Perbankan Senat pada 21 Juni, menurut sebuah pengumuman di situs komite.

Hasil Treasury beringsut dari posisi terendah, dengan yield 2 tahun lebih tinggi sekitar 0,89 persen dan yield 10-tahun stabil dekat 1,84 persen. Sebelumnya, kedua hasil mencapai terendah dalam dua minggu.

Yen menguat terhadap dolar, diperdagangkan mendekati ¥ 109,6. Indeks dolar AS turun setengah persen, sementara euro terakhir dekat $ 1,119.

Dalam berita ekonomi lainnya, pembacaan akhir untuk Mei di Markit manufaktur PMI adalah 50,7. Flash membaca adalah 50,5, turun dari 50,8 pada bulan April.

Penjualan mobil Mei datang pada tingkat 17.450.000 disesuaikan musiman, menurut Autodata. Itu sedikit di atas ekspektasi untuk 17,3 juta, menurut ekonom yang disurvei oleh Reuters.

Belanja konstruksi April turun 1,8 persen.

Seperti yang diperkirakan secara luas, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengumumkan semalam 2,5 tahun penundaan kenaikan pajak penjualan yang dijadwalkan, menempatkan rencana reformasi fiskal karena berkembang tanda-tanda kelemahan ekonomi.

Indeks Dow Jones Industrial Average ditutup naik 2,47 poin, atau 0,01 persen, ke 17,789.67, dengan kenaikan tertinggi saham DuPont dan saham Apple penurun terbesar.

Indeks S & P 500 ditutup naik 2,37 poin, atau 0,11 persen, pada 2,099.33, dengan sektor konsumen terkemuka tujuh sektor yang lebih tinggi dan sektor telekomunikasi yang tertinggal terbesar.

Indeks Nasdaq ditutup naik 4,20 poin, atau 0,08 persen, ke 4,952.25.

Malam nanti akan dirilis data Non Farm Payroll Mei yang diindikasikan meningkat dan Unemployment Rate Mei yang diindikasikan menurun.

http://vibiznews.com/2016/06/02/bursa-wall-street-berakhir-naik-terdukung-peningkatan-aktifitas-manufaktur-as/