Chicken Biryani Rice, Pengganti Opor Ayam dan Ketupat Lebaran – PT Solid Gold Berjangka

PT SOLID GOLD BERJANGKA LAMPUNG – Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri tak melulu harus menyantap opor ayam, sayur pepaya, rendang, dendeng balado serta kering kentang. Menyantap makanan yang sama setiap tahunya, tentu bisa membosankan. Nah, agar tak bosan dan Lebaran tahun ini terasa berbeda, yuk buat hidangan yang beda dari biasanya!

Chicken biryani rice dapat menjadi pilihan tepat untuk dihidangkan saat Lebaran tiba. Selain nikmat, porsinya yang besar, membuat makanan ini pas dihidangkan ketika Lebaran dan disantap bersama keluarga tercinta. Berikut resep chicken biryani rice yang dipersembahkan Greenfields dari hasil kreasi para pemenang kompetisi Instagram #ResepKreasiGreenfields yang telah dilakukan dari 30 April – 23 Mei 2019.

Bahan:
5 ½ cup beras basmati, rendam 15 menit lalu cuci bersih, tiriskan
1 ekor ayam, potong 6 bagian
500 ml air

Bumbu basah biryani:
2 lembar daun salam
10 butir kapulaga
5 butir cengkeh
10 butir merica hitam bulat
2 batang kayu manis
1/2 sdt ketumbar
1/2 sdt jintan
1/2 butir pala, diparut
1 ruas kunyit, diparut
4 siung bawang putih
Garam
2 cup yogurt plain
300 ml susu segar rendah lemak
200 ml santan
1 buah bawang bombay

Pelengkap:
Acar timun
Kacang mete goreng
Kismis

Cara membuat:
1. Campur ketumbar, jintan, pala, kunyit, bawang putih dan garam secukupnya lalu haluskan. Siapkan penggorengan besar, tumis campuran dengan daun salam, cengkeh, kayu manis, kapulaga india, dan merica hitam bulat. Masukkan ayam dan 500 ml air. Masak sambil sesekali diaduk hingga ayam berubah warna dan matang.

2. Angkat ayam, masukkan beras basmati, bawang bombay, daun salam, kayu manis, kapulaga, cengkeh dan merica bulat. Aduk rata. Tambahkan susu, santan dan yogurt. Aduk rata hingga seluruh beras tercampur rata dengan bumbu. Masak hingga setengah matang. Angkat.

3. Siapkan kukusan. Masukkan beras basmati berbumbu dengan sebagian ayam. Lalu kukus selama 30 menit. Angkat. Sebagian ayam bisa juga dipanggang di teflon atau oven. Sajikan nasi biryani bersama potongan ayam, taburan kacang mete, kismis dan acar. Chicken biryani rice siap dihidangkan. – PT SOLID GOLD BERJANGKA

sumber : sindonews