PT.SolidGoldSemarang~Defisit perdagangan Australia melebar pada November dari Oktober seiring penurunan harga untuk sumber daya utama seperti bijih besi dibayangi dengan kenaikan volume ekspor komoditas seiring perusahaan tambang terus meningkatkan produksinya.

Defisit perdagangan yang disesuaikan secara musiman melebar menjadi AUD$0.93 miliar dari revisi AUD$ 0.88 miliar pada bulan Oktober, menurut Badan Biro Statistik Australia. Ini adalah defisit perdagangan kedelapan berturut-turut. Para ekonom telah memperkirakan kekurangan sebesar AUD$ 1,6 miliar pada November.

Ekspor naik sebesar 1% dari bulan Oktober sedangkan impor naik dengan jumlah yang sama, kata biro itu. Dolar Australia naik kembali di atas US$ 0,81 pada kekurangan kecil dari yang diperkirakan.

Kinerja perdagangan Australia telah berada di bawah tekanan dari faktor seperti dolar Australia yang tinggi dan penurunan tajam dalam harga bijih besi, ekspor terbesar Australia, mendekati hampir 50% tahun lalu.

Memburuknya neraca perdagangan datang meskipun volume ekspor yang lebih tinggi dari komoditas seiring penambangan baru, kereta api dan kapasitas pelabuhan telah mulai beroperasi pada tahun lalu.

Sumber: MarketWatch
baca Disclaimer