SOLID GOLD BERJANGKA –¬†Pada setiap transaksi yang terdapat dalam pasar modal tentunya membutuhkan banyak instrumen pendukung agar transaksi yang terjadi akan terjalin dengan lancar, yakni terciptanya suatu kesepakatan antara pemilik dan pembeli saham pada level harga tertentu dengan mempertimbangkan keuntungan yang akan di dapat oleh pembeli saham atau sering disebut juga dengan investor. Selain para pelaku yang menjalankan kegiatan jual beli sahamnya, pasar ini juga membutuhkan kekuatan hukum yang biasanya disebut dengan lembaga.

Lembaga-lembaga yang menunjang lancarnya kegiatan pasar modal juga harus mempunyai dasar yang kuat mengenai modal saham dan juga bursa efek yang nantinya mereka juga akan membantu jika pasar dalam keadaan yang membutuhkan bantuan darilembaga untuk menyelesaikannya dengan cepat. Maka berikut ini akan dijelaskan secara rinci tentang apa saja lembaga yang menunjang kerja dari pasar ini dan juga peran yang mereka punya dalam setiap transaksinya mengenai saham dan kepemilkan perusahaan oleh para pembeli saham atau yang sering disebut dengan investor.

Dengan pemahaman tentang lembaga penunjang pasar, para pelaku maupun calon pelakuakan memahami bagaimana sebuah transaksi dalam hal saham akan berjalan dan juga bisa menciptakan suasana yang lebih menguntungkan bagi semua pihak yang terlibat.

 

Penunjang pasar modal

Untuk lebih jelasnya mari simak penjelasan tentang lembaga saham pertama berikut ini:

– Perusahaan efek atau bank yang sudah ditunjuk yang sudah memiliki ijin untuk menjalankan kegiatan di bidang saham dan kepemilikan surat berharga. Fungsi dari perusahaan ini adalah untuk membantu proses transaksi atau jual beli sebagai custodian atau yang bisa disebut dengan perusahaan yang akan mengawasi tentang perkembangan saham pada perusahaan dan juga menyimpan surat-surat berharga yang sudah resmi dan sudah mendapat persetujuan dari pihak yang terkait

– Bapepam atau yang disebut dengan badan pengawas dalam kegiatan transaksi atau jual beli saham. Lembaga ini akan menjadi lembaga tertinggi milik pemerintah yang memutusakn segala keputusan terkait pihak-pihak yang akan terlibat dalam transaksi jual beli saham dan juga mengesahkan adanya surat berharga atau saham yang nantinya akan digunakan sebagai surat resmi pertanda kepemilikan sebagian perusahaan oleh pembeli saham atau yang sering disebut juga sebagai investor. Lembaga ini sekaligus berfungsi untuk mengawasi legalitas para pelaku pasar.

Dengan adanya lembaga-lembaga yang menunjang berjalannya transaksi jual beli saham dan memfasilitasi perusahaan atau pemilik saham dalam pasar modal jika dibutuhkan, maka para pelaku pasar mendapat keamanan dan jaminan atas keamanan transaksi mereka. Mereka tahu kemana harus mengadu jika mengalami masalah-masalah tertentu dalam proses transaksi jual beli saham. Lembaga penunjang ini siap memberi informasi yang lengkap tentang bagaimana transaksi jual beli saham akan terjalin dengan lancar dengan adanya lembaga yang menjaminnya.

Namun, sebagai calon pelaku pasar, anda tentunya perlu mencari informasi yang jelas mengenai apa saja yang terkait dengan transaksi di pasar modal. Semua pihak yang ada dalam transaksi jual beli saham akam memberi kontribusi yang besar untuk melakukan kesepakatan jual beli yang mengacu pada peraturan dan syarat yang tentunya sudah disahkan oleh lembaga terkait guna penggunaan surat berharga tersebut pada lain waktu. Jaminan keamanan dan kepercayaan, serta kredibilitas para pelaku pasar modal akan menciptakan suatu pasar yang kondusif, di mana para pelaku dapat melakukan aktivitas trading dengan penuh percaya diri.