Solid Gold – Bursa Saham Hong Kong menguat, indeks acuan tersebut memperpanjang gain pekan ini, ditengah spekulasi kenaikan suku bunga AS akan masih berada pada level terendahnya. Saham Tianhe Chemicals Group Ltd. menuju rekor penurunan pasca dimulai diperdagangkan kembali setelah menyangkal dugaan kecurangan.

Indeks Hang Seng menguat 1% ke level 23,487.96 pukul 9:34 pagi waktu Hong Kong. Pekan lalu acuan tersebut melemah tajam sejak Maret lalu setelah polisi gagal meredam demonstrasi pendukung pro-demokrasi. Sementara Indeks Hang Seng China Enterprises atau Indeks H-share menguat 1.1% ke level 10,507.08.

Indeks Hang Seng mengalami penurunan 8.1% dari level tertingginya sepanjang tahun 2014 ini yang tercatat pada September lalu ditengah ketegangan politik di Hong Kong dan terkait kehawatiran bank sentral AS akan menaikkan suku bunga lebih awal dari perkiraan sebelumnya. Acuan ekuitas tersebut diperdagangkan sebesar 10.7 kali dari estimasi laba, dibandingkan dengan 16.3 pada Indeks Standard & Poor 500.

Sumber : Bloomberg