Solid Gold – Ada orang yang tidak bisa memulai hari tanpa minum kopi dan bisa meminum sampai bergelas-gelas. Menurut penelitian terbaru yang dilakukan oleh ilmuwan dari Harvard, perilaku tersebut ternyata ada kaitannya dengan genetik.

“Secara keseluruhan, kita sebenarnya sudah tahu untuk waktu yang lama bahwa ada beberapa komponen genetik pada perilaku mengonsumsi kopi yang kita miliki,” kata pemimpin studi dari Harvard School of Public Health, Marilyn Cornelis, seperti dikutip dari CNN pada Kamis (9/10/2014).

Meski demikian, peneliti sukses mengidentifikasi komponen tersebut baru-baru ini. Ada enam daerah di deoxyribo nucleic acid (DNA) manusia yang ditemukan peneliti berkaitan dengan perilaku mengonsumsi kopi.

Dikatakan oleh peneliti enam bagian tersebut dapat menjelaskan mengapa ada orang yang bisa terjaga semalaman hanya dengan satu gelas kopi sementara ada orang lain yang butuh banyak kopi agar terjaga.

Studi menganalisis data dari beberapa studi sebelumnya yang menyurvei lebih dari 120.000 orang terkait berapa banyak kopi yang mereka minum sehari, kemudian memindai DNA mereka.

Cornelis mengatakan dengan ditemukannya varian genetik yang berkaitan dengan perilaku meminum kopi, ia berharap temuan tersebut dapat membantu mempelajari efek kesehatan dari kopi dan kafein lebih baik.

“Kebanyakan studi yang meneliti kopi pada populasi manusia mengasumsikan setiap orang memberikan respon yang sama saat diberikan kopi. Kita tahu sekarang bahwa hal itu tidak benar dan kita punya varian genetik yang bisa diaplikasikan agar hasil studi bisa lebih baik,” tutup Cornelis.