Dolar turun ke level 18-bulan terendah terhadap yen dan menyentuh level terlemahnya sejak Agustus lalu terhadap euro di tengah spekulasi bahwa AS tidak akan menaikkan suku bunga dalam waktu dekat.

Mata uang AS telah kehilangan momentum terhadap sebagian mata uang utama selama bulan lalu karena para pedagang menurunkan ekspektasi untuk kenaikan suku bunga oleh Federal Reserve pada bulan Juni menjadi 12 %. Indeks Spot Dollar Bloomberg menuju penutupan terendah sejak bulan Mei, setelah laporan yang menunjukkan manufaktur di AS bergerak kurang dari perkiraan.

Pelemahan yang terus berlanjut menyeret dolar turun terhadap euro untuk bulan ketiga berturut-turut hingga bulan April � penurunan beruntun terpanjang sejak 2013 di tengah tanda-tanda para pembuat kebijakan AS tidak yakin terhadap ekonomi global dan pertumbuhan domestik dapat menahan biaya pinjaman yang lebih tinggi. AS telah mencatatkan data pertumbuhan yang mengecewakan bahkan di tengah tanda-tanda pemulihan di Eropa saat ini.

Indeks Spot Dollar Bloomberg, yang melacak mata uang AS terhadap 10 mata uang utama, turun 0,2 % ke level 1,154.25 pada pukul 08:28 pagi waktu Singapura pada hari Selasa, menuju level penutupan terendah sejak 15 Mei lalu. Itu merosot sebesar 2 % pada pekan lalu seiring sektor Bank di Jepang tidak ada tindakan bertepatan dengan Ketua Fed Janet Yellen menegaskan kembali bahwa ia tidak akan terburu-buru untuk mendorong pertumbuhan ekonomi AS dengan menaikkan biaya pinjaman.

Euro sedikit berubah di level $ 1,1538, setelah naik 0,7 % pada sesi sebelumnya, ketika sebelumnya menyentuh level tertinggi sejak 26 Agustus. Yen menguat 0,3 % ke level 106,12, setelah penguatan menyentuh level tertinggi 106,05, yang terbesar sejak Oktober 2014.

Dolar Australia naik 0,2 % ke level 76,78 sen AS menjelang bank sentral Australia mengadakan pertemuan pada hari Selasa dengan pasar memberikan sinyal sekitar 50 % kepada pembuat kebijakan yang akan memangkas tingkat suku bunga acuan dari rekor rendah dari 2 %. Sementara itu, Pasar finansial Jepang ditutup dari hari Selasa sampai Kamis untuk hari libur nasional. (knc)

Sumber : Bloomberg