SOLID GOLD BERJANGKA – Dollar AS Kamis Pagi Alami Tekanan Lanjutan

SOLID GOLD BERJANGKA LAMPUNG – Dollar AS di tengah perdagangan sesi Asia hari Kamis(15/9) lanjutkan pelemahan perdagangan sebelumnya oleh kehati-hatian pasar menanti kebijakan moneter beberapa bank sentral global seperti Fed dan BOJ pekan depan serta BOE hari ini. Terpantau di pasar spot sesi Asia dollar hanya menguat terhadap euro, aussie dan loonie dollar.

Masuki perdagangan forex sesi Asia hari Kamis (15/9), Pasar masih bersikap hati-hati terhadap perdagangan aset beresiko menimbang kebijakan moneter beberapa bank sentral global pekan ini yang dapat mempengaruhi kondisi ekonomi global, sehingga lebih condong memburu aset safe haven seperti yen Jepang dan juga emas.

Pekan depan 2 bank sentral negara ekonomi besar dunia seperti Federal Reserve AS (Fed) dan Bank of Japan (BOJ) akan mengumumkan kebijakan moneter mereka, dan ekspektasi untuk kebijakan tersebut masih simpang siur.

Untuk kebijakan moneter Fed misalnya, para petinggi pembuat kebijakan bank sentral Amerika tersebut beberapa pekan terakhir tarik ulur untuk rencana kenaikan suku bunga lanjutannya tahun ini dalam waktu dekat. Lalu di Jepang, banyak ekspektasi muncul di permukaan untuk kebijakan BOJ. Dari bank sentral Jepang sendiri, beberapa sinyal menunjukkan akan lanjutkan pelonggaran kebijakan moneternya.

Dollar AS melemah oleh pudarnya harapan kenaikan Fed rate tahun ini pada pertemuan FOMC pekan depan. Harapan tersebut m,emudar merespon beberapa data ekonomi yang dirilis semalam dan juga hari ini memberikan ganjalan.

Untuk perdagangan hari ini saja, dollar AS akan menerima sentimen negatif dari beberapa rilis data ekonomi seperti data PPI, Philly Fed Manufacturing Index, Retail Sales m/m, Unemployment Claims, Current Account dan Industrial Production m/m.

Indeks dolar yang mengukur kekuatan dollar AS terhadap enam mata uang utama perdagangan bergerak lemah setelah awal perdagangan sesi Asia dibuka lebih tinggi pada posisi 95.32 dan kini bergerak pada posisi 95.30. Perdagangan sebelumnya dollar AS ditutup melemah 0,2 %.
SOLID GOLD BERJANGKA LAMPUNG

Sumber : Vibiznews