PT.SolidGoldSemarang~Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi mempersiapkan bank sentral untuk mengambil tindakan lebih akomodatif untuk menekan tingkat risiko inflasi yang rendah pada blok mata uang.

Berbicara di ruang hiasan di Grand Alte Oper gedung konser Frankfurt pada hari Selasa, ketua ECB mengambil tujuan khusus pada kritikus Jerman, menolak kritikan bahwa kebijakan ECB menghukum para penabung dan menciptakan risiko yang tidak beralasan.

“Sejarah menunjukkan bahwa deflasi bisa menekan kemakmuran dan stabilitas ekonomi karena tingkat inflasi yang tinggi,” menurut Mr Draghi.

Ketua ECB tersebut mengatakan program pembelian aset itu berjalan lancar, tetapi menggarisbawahi kesediaan bank sentral untuk berbuat lebih banyak.

Komentar datang seiring inflasi di zona euro mendatar dan tidak diharapkan untuk mendekati target jangka menengah bank sentral yang hanya di bawah 2 % untuk beberapa waktu. Mr Draghi mengisyaratkan pada konferensi pers bulan lalu bahwa bank sentral kemungkinan untuk memperluas program pembelian obligasi dalam skala besar dan juga bisa menurunkan tingkat deposito overnight lebih jauh ke wilayah negatif, yang berarti bahwa bank harus membayar lebih untuk menyimpan dana surplus dengan bank sentral.

Pada bulan Maret, ECB memberikan dana sebesar EUR 60 miliar ($ 66.1 miliar) untuk program pembelian obligasi mereka setidaknya hingga September tahun depan. Sementara suku bunga deposito ECB saat ini berada pada -0,2 %.

Mr Draghi mengatakan, bagaimanapun, dalam sebuah wawancara di koran Italia, Il Sole 24 Ore, bahwa hal itu tetap “terbuka pertanyaan” apakah stimulus akan diperlukan pada pertemuan berikutnya pada bulan Desember. Komentar ini dan dari anggota hawkish di Dewan Pengurus telah menyebabkan beberapa analis menyarankan bahwa hasil untuk bulan Desember tidak cukup jelas sekali diasumsikan. (knc)

Sumber : MarketWatch
baca Disclaimer