Solid Gold Berjangka – Buah-buahan dan sayuran adalah salah satu makanan alami yang menyehatkan tubuh. Banyak buah dan sayur yang mengandung antioksidan, namun ada dua yang mengandung antioksidan paling banyak.

Dua sayuran tersebut sebenarnya sudah tak asing dan bisa dengan mudah didapatkan, yaitu apel dan tomat. Sementara apel bisa menjauhkan Anda dari penyakit, tomat juga menjadi salah satu sumber antioksidan yang sangat baik untuk mencegah penyakit, seperti dilansir oleh Daily Health Post (15/07).

1. Tomat
Makan tomat bisa membantu menurunkan risiko kanker, osteoporosis dan penyakit jantung. Tak hanya itu, sebenarnya tomat yang sudah dimasak ternyata juga lebih sehat daripada tomat mentah. Penelitian menemukan bahwa sayuran yang mengandung banyak air ini mengandung antioksidan yang sangat kuat, yaitu lycopene, tak seperti pada sayuran lain yang akan hilang ketika dimasak.

Lycopene adalah pigmen berwarna merah yang ada pada tomat dan buah-buahan lainnya. Selama ini lycopene dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kronis. Lycopene pada tomat bisa menurunkan risiko penyakit jantung hingga 30 persen dan memiliki efek yang hampir sama kuatnya dengan obat untuk pasien jantung.

Peneliti juga menemukan bahwa nutrisi yang terdapat dalam tomat bisa memberikan mekanisme perlindungan terhadap penggumpalan darah, peradangan, dan menurunkan penyakit seperti kanker prostat.

2. Apel
Journal of Agricultural and Food Chemistry mengungkap bahwa lalat buah yang diberikan ekstrak apel memiliki usia 10 persen lebih lama. Apel juga membuat lalat buah lebih berenergi dan bertenaga di usia tua. Penelitian mengungkap bahwa mengonsumsi dua apel setiap hari bisa melindungi wanita dari penyakit jantung, menurunkan tingkat lemak dalam darah hingga 25 persen, dan mencegah penyakit jantung.

Ekstrak apel juga bisa menghilangkan berbagai macam zat kimia yang menyebabkan penurunan kemampuan orang di masa tua. Antioksidan dalam apel juga membantu tubuh untuk menghilangkan radikal bebas yang bisa menjadi pemicu penyakit serius seperti kanker atau penyakit saraf.

Itulah dua jenis buah yang sebaiknya mulai Anda konsumsi setiap hari. Apel dan tomat adalah buah-buahan dengan tingkat antioksidan paling tinggi yang bisa memberikan Anda berbagai macam manfaat kesehatan, mulai dari mencegah penyakit kronis, kanker, hingga memperpanjang usia. Buah tersebut juga mudah didapatkan dan murah.