PT.SolidGoldSemarang~ ECB (European Central Bank) diperkirakan akan mengumumkan program pembelian obligasi dalam skala besar pada hari Kamis ini, hal itu dilakukan untuk merevitalisasi perekonomian Zona Eropa.

Laporan mengisyaratkan bahwa pembelian aset akan berada pada angka �50 miliar (£38 miliar) per bulan hingga akhir tahun 2016 ini yang dua kali lipat dari jumlah perkiraan sebelumnya.

Program tersebut akan menjadi bagian yang didesain guna menghadapi inflasi Zona Eropa yang masih rendah.

Pada hari Rabu lalu OECD mendesak ECB untuk mengeluarkan pembelian obligasi yang tak terbatas hingga perekonomian Zona Eropa membaik.

Menurut laporan pada hari Rabu lalu, Dewam Eksekutif ECB pada pekan ini telah mengajukan bahwa program stimulus sebesar �50 miliar akan dimuali dari bulan Maret tahun ini.

Sebanyak 6 anggota dewan tersebut merupakan inti dari 25 anggota dewan.

Dewan ECB akan mengadakan pertemuan pada Kamis ini guna mengambil keputusan akhir terkait waktu dimulainya kebijakan pelonggaran kuantitatif.

Pada hari Rabu lalu, OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development) telah mendesak Presiden ECB Mario Draghi untuk mendorong pelonggaran kuantitatif.

Pelonggaran kuantitatif meliputi pembelian aset oleh bank sentral, obligasi pemerintah guna meningkatkan jumlah uang yang tersedia bagi institusi keuangan dan mendorong kredit oleh perbankan.

Bank sentral di AS, London dan Jepang telah melakukan pembelian obligasi pemerintah guna mendorong pertumbuhan ekonomi pada tahun mendatang. (bgs)

Sumber : BBC
baca Disclaimer