Solid Gold SMG-Saham Asia menguat, pasca saham acuan catat penguatan mingguan pertama dalam tujuh pekan terakhir, seiring tes stres dilewati oleh sebagian besar bank-bank Eropa menambah tanda-tanda pemulihan ekonomi di wilayah tersebut.
Indeks MSCI Asia Pacific Index naik sebesar 0,5 persen ke level 138,22 pukul 09:01 di Tokyo, level intraday tertinggi sejak 10 Oktober lalu, sebelum pasar financial di Hong Kong dan China dibuka. Indeks pekan lalu melonjak sebesar 2,9 persen pasca laba perusahaan AS mengalahkan estimasi dan indeks manufaktur Eropa secara tak terduga menunjukkan ekspansi bulan ini.
tidak ada temuan kekurangan dari bank-bank besar dalam studi ECB namun pada bank-bank kreditur berskala lebih kecil ditemukan sedikit kekurangan dan ECB mengharapkan hal tersebut dapat ditutupi dalam sembilan bulan kedepan yang bertujuan untuk mencegah kembali terjadinya gejolak keuangan di regional euro yang telah terjadi dalam hampir setengah dekade yang lalu
Indeks Topix Jepang naik sebesar 0,6 persen dan indeks Australia S&P/ASX 200 menguat sebesar 0,5 persen. Indeks Kospi Korea Selatan terapresiasi sebesar 0,5 persen. Pasar di Selandia Baru ditutup untuk liburan. Kontrak pada indeks Standard & Poor 500 naik sebesar 0,1 persen pasca indeks acuan melonjak 4,1 persen pekan lalu.
Sekitar 79 persen perusahaan yang tercatat pada indeks S&P 500 yang telah melaporkan pendapatan kuartalan musim ini telah melampaui estimasi analis, sementara proyeksi 61 persen penjualan mengalahkan perkiraan analis, data yang dikumpulkan oleh Bloomberg. Caterpillar Inc dan Yahoo! Inc melonjak pekan lalu pasca membukukan pendapatan kuartal ketiga yang lebih baik dari perkiraan. (izr)

Sumber: Bloomberg

baca Disclaimer